Lihat ke Halaman Asli

Rinabi Tanamal

Sharing Ideas and experiences through writing...

Pentingnya Belajar UI/UX dan Product Design

Diperbarui: 10 Agustus 2022   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada tanggal 27 Juli 2022, jam 17.50 -- 19.50 di adakan acara oleh Google Developer Groups (GDG) Surabaya bekerjasama dengan Ajaib dan Program Studi Sistem Informasi Universitas Ciputra Surabaya. Acara berjudul Ajaib x GDG: UI/UX Principle Myth Busting mengundang dua narasumber yaitu: Aditya Anugrah P, UI Designer dari Sevima dan Edith Cresson, Stock Product Design Lead dari Ajaib.

Sesi pertama di mulai dari kak Aditya yang menjelaskan mengenai Fundamental dari UI/UX, menjelaskan perbedaan antara UI dan UX, hal yang perlu dipelajari dari dasar UX, bagaimana memahami User, konsep wireframe dan user testing. Demikian juga penjelasan dari UI dijelaskan dasar-dasarnya, "product thinking" hingga "Design Principle".  

Sesi kedua, Kak Edith dari Ajaib men-sharingkan pengalaman proses desain yang berkaitan dengan dunia industri. Tahapan Proses "Discovery" dimulai selalu dengan bertanya "why", mendengar kebutuhan user. Tahapan selanjutnya Kebutuhan yang seimbang antara user, Business Interest dan syarat dari Compliance.

Dok. pribadi

Tahapan terakhir yaitu Design dimana kebutuhan transparansi yang lebih kepada simplifikasi informasi, informasi yang ditampilkan tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan user. Mencari solusi alternatif berdasarkan "Analogous Inspiration" apabila tidak menemukan benchmark dari kebutuhan user.

Dok. pribadi

Sesi berikutnya yaitu sesi tanya jawab yang secara antusias ditanyakan sebanyak kurang lebih 115 peserta sesi via zoom dan youtube live. Narasumber menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh peserta dengan baik. Sesi terakhir ditutup dengan foto Bersama semua peserta, panitia acara, bersama narasumber acara Ajaib X GDG Surabaya.

Dok. pribadi

By: R.T

Edit: I. M




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline