Lihat ke Halaman Asli

RINA ANDAYANI

Guru PAUD MEGA/Mahasiswa STIT Rakeyan Santang

Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Membuat Telur Asin

Diperbarui: 3 Oktober 2021   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi dengan Ketua RW dan RT setempat (Dok.Pribadi)

KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa ditengah masyarakat di luar kampus secara langsung bersama-sama masyarakat, juga merupakan suatu media yang efektif dan edukatif dengan proses menerjunkan mahasiswa ketengah-tengah masyarakat untuk menangkap dan menghayati denyut nadi kehidupan masyarakat.

Kuliah kerja Nyata adalah suatu kegiatan yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu elemen dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan KKN TEMATIK STIT Rakeyan Santang Karawang angkatan ke III Tahun 2021 dengan mengusung tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan Dan Ekonomi Keluarga Dalam Implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) pada masa pandemi.

Pada Tahun ini STIT Rakeyansantang Karawang telah menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan kuliah kerja nyata yang dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 30 Sepetember 2021 di Desa Kutapohaci Kecamatan Ciampel.

Kelompok kami ditugaskan di RW 08 dusun Waringin yang terdiri dari 2 RT, yaitu RT 19 dan RT 20.  Sebelum melaksanakan kegiatan di dusun Waringin kami mengidentifikasi terlebih dahulu tentang adanya UMKM dan lembaga sekolah, kami  berkunjung ke rumah  Ketua RW dan Ketua RT setempat dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kami, yaitu ibu Hani Nurhayanti S.Pd, M.Pd.

Identifikasi dilakukan untuk mencari data tentang ada tidaknya UMKM dan lembaga sekolah di lokasi tempat KKN. Kemudian kami mendapatkan informasi bahwa di RW 08 tidak ada lembaga sekolah. Sedangkan untuk kegiatan UMKM terdapat usaha membuat Kecimpring, yaitu salah satu makanan ringan sejenis Kerupuk. Produksi makanan ini hanya bersifat musiman, karena bahan baku susah didapat serta pemasarannya kurang.

Dengan berbekal informasi dari Ketua RW dan RT setempat, maka fokus kegiatan KKN ini adalah di bidang ekonomi keluarga, mengingat di masa pademi ini perekonomian mengalami kemunduran yang ditandai dengan rendahnya daya beli masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas salah satu kegiatan KKN Tematik dalam membangun desa melalui bidang ekonomi keluarga, selain cara pembuatan Telur asin, kami juga membagikan materi berupa pengemasan, logo produk dan teknik pemasarannya.

Berdasarkan observasi yang kami lakukan di dusun ini belum ada usaha membuat telur asin, walaupun di setiap warung-warung di jumpai adanya telur asin yang di jual. Kami melihat di dusun ini  ada yang berternak bebek, sehingga kami mempunyai ide untuk mengadakan pelatihan membuat telur asin.  

Sasaran atau subjek yang dituju dalam pelatihan telur asin ini adalah ibu rumah tangga, dan calon ibu rumah tangga. Pelatihan membuat telur asin ini di lakukan di salah satu rumah warga RT 20, dan di hadiri oleh ketua RT dan ketua Karang Taruna rw 08.

Kegiatan pelatihan membuat telur asin bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan telur bebek untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi dengan cara pengasinan. Harapan kami  ke depannya agar  ibu-ibu dapat mempraktekannya sendiri di rumah minimal untuk dikonsumsi sendiri dan bahkan dapat dijual sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi keluarga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline