Lihat ke Halaman Asli

Rina Bintang

There's always something

Menjaga Semangat Perjalanan 33 Tahun JNE

Diperbarui: 4 Agustus 2024   18:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Suara motor yang berhenti di depan rumah, dilanjutkan dengan sapaan “Permisi, paket....” sudah tidak asing lagi di telinga. Bahkan mungkin itulah hal yang kita nantikan di waktu- waktu tertentu. Sepertinya hal itu adalah hal kecil yang sudah biasa kita rasakan sehari-hari. 

Namun, pernahkah kita berpikir bagaimana paket yang kita terima dapat sampai dalam waktu yang singkat tanpa adanya kerusakan dan kesalahan pengiriman? 

Bagaimana kurir pengantar paket dapat mengakses rute pengiriman yang efektif? Semua itu tentu saja diperlukan pemikiran yang detail dan sistematis. Itulah yang menjadi tugas utama bagi perusahaan ekspedisi dalam melayani konsumennya.

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia. Jaringan dan jangkauan distribusi yang luas, tentu saja membuat setiap kita sudah tidak asing dan bahkan sering menggunakan layanan JNE dalam melakukan pengiriman barang dan dokumen. 

Perusahaan yang resmi didirikan pada tahun 1990 ini, memiliki visi menjadi perusahaan logistik terbesar di negeri sendiri yang berdaya saing global mendorong perusahaan ini untuk terus maju menjadi yang terbaik dan berinovasi demi mencapai kepuasan pelanggan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), logistik mempunyai arti pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan. 

Dengan demikian, Sebagai perusahaan logistik JNE harus mampu menyediakan layanan terkait seluruh kegiatan distribusi barang beserta kelengkapan dan layanan pendukung lainnya.

Selama lebih dari 33 tahun tentu saja banyak tantangan yang dilalui oleh perusahaan ini. Namun tantangan tersebut dijadikan sebagai batu loncatan untuk terus menjadi lebih baik, sehingga JNE dapat tetap bertahan sebagai perusahaan ekspedisi terbesar sekalipun banyak pesaing yang mulai bermunculan. Diawali dengan pengiriman domestik dan adanya sistem drop point. 

Kemudian, seiring kemajuan teknologi dan akses internet membuat JNE mulai menciptakan layanan JNE express untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akibat maraknya bisnis online. 

Seiring berjalannya waktu, maraknya kasus kehilangan paket di Indonesia membuat perusahaan ini terus melakukan inovasi untuk memperlengkapi layanan asuransi pada pengiriman paket untuk menjawab kekhawatiran konsumen akan keamanan paketnya.

Kemajuan teknologi digital juga menjadi tantangan bagi JNE untuk terus berkarya dengan tujuan mempermudah akses bagi konsumen. Untuk itulah di tahun 2014, tercipta aplikasi my JNE.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline