Lihat ke Halaman Asli

Rina Darma

Ibu Rumah Tangga

Bertualang Digital di My Danamon

Diperbarui: 30 November 2017   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengguna internet di Indonesia mencapai 132 juta orang. Sebanyak 40 persennya aktif bermedia sosial. Mulai facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Menyikapi perilaku netter tersebut sudah saatnya perusahaan-perusahaan termasuk perbankan bisa mengoptimalkan sisi ini. Baik dalam upaya branding, promosi, hingga menambah pelanggan atau nasabah baru.

Bank Danamon sebagai penyedia jasa perbankan pun meluncurkan digital journeydengan bersinerginya antara website www.danamon.co.id dengan media sosialnya. Jika Kompasianer masuk ke homepage Bank Danamon, maka di bagian bawah akan terdapat akun media sosial facebook, twitter, instagram, youtube, dan linkedin untuk diikuti. Hal ini akan memudahkan para pengguna media sosial untuk mengikuti update informasi dari Bank Danamon. Tinggal klik dan akan langsung diarahkan ke laman yang dituju.

Pentingnya "Image" di Dunia Maya

Jika saya amati, saat ini mereka yang berkunjung mencari informasi ke akun social media perusahaan/perbankan lebih banyak dibanding yang langsung menuju ke website. Namun, bukan berarti tim marketing/promosi/TI atau yang menangani menyepelekan hal yang satu ini. Kenapa? Sebab website menunjukkan "keberadaan" pemiliknya. Adanya website juga menunjukkan kredibilitas dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Kemudian penting diperhatikan agar laman dibuat mobile friendly. Sebab, pengguna internet di Indonesia yang sebagian besar mengakses melalui smartphone. Terbayang kan kalau membuka setelan dekstop di layar smartphone. Kita harus men-zoom untuk mencari informasi dan membacanya. Lalu, menggeser-geser layar. Susah dan malas. Mending berganti situs lain yang menawarkan informasi serupa yang sedang kita butuhkan bukan?

Petualangan digital saya diawali dengan masuk ke situs Danamon. Saya langsung disambut slideshow "Saatnya Pegang Kendali". Design yang eyecatching membuat saya tergiur membaca dan menunggu/menggeser ke slide selanjutnya. Tayangan tersebut menurut saya merupakan produk unggulan Danamon. Yakni ajakan dan keuntungan menabung di Danamon, memaksimalkan peluang dengan tabungan Fleximax, peran Danamon dalam mendukung permodalan UKM di Indonesia, dan awards yang diberikan Danamon kepada para entreprenuer. Pesan utama yang hendak ditujukan ke masyarakat pun tersampaikan secara sederhana melalui gambar. Selanjutnya terserah netter ingin mencari informasi apa yang telah disusun sistematis melalui menu-menu yang ada.

Social media journey dimulai dari pertama facebook Bank Danamon. Wow...sebuah video bertema senada "Saatnya Pegang Kendali" berputar. Video yang fresh dan menggugah berisi pesan-pesan bagaimana kita mengelola keuangan kita bersama Danamon. Bagaimana kita tidak perlu lagi ragu bermimpi dan meraih cita-cita dengan menabung, para orang tua yang menyiapkan pendidikan di masa depan bagi anak, entreprenuer yang berjaya, dan menyiapkan dana pensiun. Semua dikemas menarik dan betapa mudah dan cepatnya transaksi perbankan melalui Bank Danamon yang mengikuti era digital.

Saat ini 115 juta orang Indonesia memiliki akun facebook, dengan rata-rata pengguna hariannya 65 juta orang. Media sosial terbesar di dunia ini menyasar semua kalangan. Sehingga informasi apapun sepertinya bisa masuk melalui media ini.

Kedua. Saya menilik kicauan twitter @danamon. Kebetulan di timeline yang saya baca beberapa tweet-nya terlalu panjang. Saya rasa sebaiknya kicauan dibuat dengan kalimat yang singkat dan jelas. Kalau memang dirasa banyak bisa dibagi ke beberapa tweet.

Sebagai pengguna twitter saya lebih suka informasi yang padat tapi ringkas. Atau kalimat pengantar yang dirujuk untuk membuka link. Sebab, kebanyakan pemilik twitter menggunakan twitter untuk update informasi sehingga lebih real time. Umumnya digunakan bagi para pekerja, kalangan terpelajar, dan kelas menengah ke atas. Kicauan yang bertele-tele kemungkinan akan segera di skip.

Melakukan promosi, branding, update, dan informasi lainnya juga harus dipertimbangkan melalui media ini. Pengguna twitter di Indonesia sendiri cukup banyak yaitu menempati ketiga di dunia pada 2016.

Media sosial ketiga yang saya sambangi adalah instagram @mydanamon yang photo grid-nya ciamik. Tak bisa dipungkiri media sosial ini sekarang sedang digandrungi. Setidaknya 45 juta orang per bulan aktif di aplikasi ini. Mereka meng-capture moment apa saja yang terjadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline