Lihat ke Halaman Asli

Rimba Saiful

Penyuluh anti korupsi

Bisnis yang Maju Bebas Korupsi

Diperbarui: 8 November 2021   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dampak korupsi yang langsung dirasakan oleh masyarakat adalah tidak mendapatkan layanan kesehatan,pendidikan dan layanan dasar lainnya. Ciri ciri umum dari negara gagal adalah pelayanan publik kepada masyarakat lumpuh total, harga kebutuhan pokok masyarakat sangat mahal, penegakan hukum tidak berjalan.

Hal-hal penting yang perlu dilakukan oleh pemerintah agar tata kelola menjadi baik adalah pentingnya meningkatkan transparansi, pentingnya meningkatkan parrisipasi masyarakat,pentingnya meningkatkan akuntabilitas pemerintah.

Yang berkaitan dengan corruptus adalah kebusukan,membuat busuk dan kerusakan.corrumpere berkaitan dengan memalsukan, mencemarkan, menghancurkan.  

Jenis korupsi menurut Syed Husen Alatas adalah nepotisme,korupsi transaktif, pemerasan/eksortif.Perbedaan antara suap dan gratifikasi adalah pada niat atau maksud pemberiannya.

Setiap gratifikasi kepada penyelenggara negara/pegawai negeri dianggap pemberian suap apabila berhubungan dengan jabatan yang berlawanan dengan kewajiban tugasnya. Berintegritas adalah tidak melakukan tindakan korupsi sekaligus menjauhkan diri dari tindakan koruptif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline