Lihat ke Halaman Asli

Rima Maulani

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta

Penggunaan Fashion Brand Uniqlo pada Remaja, Apa Menariknya?

Diperbarui: 15 Januari 2023   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semua manusia harus dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka untuk hidup. Kebutuhan dasar adalah kebutuhan hidup yang paling mendasar dan mendasar. Pakaian,makanan, dan makanan adalah contoh kebutuhan mendasar. Pakaian adalah salah satu kebutuhan yang digunakan untuk melindungi tubuh, makanan digunakan untuk menyehatkan tubuh, dan makanan dapat dicirikan sebagai tempat berlindung atau rumah. 

Namun, pengenalan mode telah mengubah budaya dan cara berpakaian di masa-masa ketika pakaian tidak lebih dari berbagai cara untuk menutupi tubuh. Fashion merupakan manifestasi estetika dari penampilan seseorang. Kemeja, celana panjang, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya merupakan item pakaian yang dikenakan di tubuh untuk menciptakan penampilan yang unik bagi setiap individu.

Fashion adalah strategi yang memungkinkan orang memisahkan diri dengan menutupi bagian tubuh yang sensitif. Fashion bukan hanya ekspresi seseorang, tetapi juga menandakan budaya, usia, dan sebagai ajang pembentukan kelas sosial. Fashion adalah industri yang paling cepat berkembang di sektor ritel. 

Di Indonesia, sejumlah korporasi mendominasi pasar fashion retail. Uniqlo adalah merek terkenal di Indonesia dan di seluruh dunia. Uniqlo adalah merek pakaian kasual Jepang yang dibuat oleh Masaru Yanai, salah satu pria terkaya di Jepang. Uniqlo adalah bagian dari Fast Retailing Group. Pada tanggal 16 Oktober 2012, PT Fast Retailing didirikan di Indonesia, dan pada tahun 2013, toko Uniqlo pertama di Indonesia dibuka di Kuningan, Lotte Shopping Avenue. Toko Uniqlo pertama memulai debutnya di Hiroshima, Jepang, pada tahun 1984. 

Uniqlo adalah salah satu peritel fashion terkemuka di Asia, dengan sekitar 800 lokasi di wilayah tersebut. Kesuksesan Uniqlo meluas hingga mencapai puncaknya mengikuti Zara, H&M, dan Gap, menjadi toko fashion terbesar keempat (Dorishin, 2013). First Retail, perusahaan induk Uniqlo, memperoleh pendapatan lebih dari 140 miliar yen dari toko-tokonya di Asia Tenggara dan Oseania saja. Fast Retailing mengantisipasi penjualan meningkat 30% per tahun menjadi 300 miliar yen pada tahun 2022. (First Retailing, 2020)

Gaya hidup menurut Enzi dan Hapsari (2017) adalah cara seseorang menjalani kehidupannya. Menurut Kotler dan Armstrong (2012), gaya hidup seseorang ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari melalui aktivitas, minat, dan opini. Gaya hidup konsumen menurut Priansa (2017) adalah gambaran tentang kehidupan konsumen, penggunaan uang, dan perilaku konsumen yang berkaitan dengan kepribadian konsumen. Pada beberapa remaja menganggap bahwa penggunaan brand Uniqlo bisa disebut sebagai bentuk kelas sosial atau identitas kelas sosialnya. Dengan standar harga Uniqlo, brand ini tergolong brand fashion yang digunakan pada kelas menengah keatas. Gaya hidup seseorang juga dapat dipengaruhi adanya habitus seseorang, artinya seseorang dapat memilih apa yang ingin ditampilkan untuk memenuhi gaya hidupnya dan sesuai dengan realita sosial.

Perilaku konsumen didefinisikan oleh Kanuk (2008) dan Kotler (2008) sebagai perilaku mempromosikan sebelum membeli, menggunakan, atau memakan suatu produk, setelah melakukan tindakan tersebut di atas, atau setelah menilai suatu kegiatan. Memahami perilaku konsumen itu sulit karena begitu banyak variabel yang memengaruhi dan berinteraksi dengannya. Akibatnya, strategi pemasaran perusahaan harus mempertimbangkan berbagai aspek. Selain itu, pelanggan berbeda tetapi juga berbagi karakteristik.

Keputusan pembelian adalah proses pemecahan masalah yang mencakup pemeriksaan produk berdasarkan kebutuhan dan keinginan, mengakses informasi, mempertimbangkan sumber pembelian alternatif, membuat pilihan pembelian, dan menindaklanjuti keputusan pembelian (K. Kotler 2009). Berikut adalah beberapa petunjuk untuk keputusan pembelian Anda: (1) Konsistensi pembelian merek. (2) Merek Uniqlo telah dipilih; (3) Saya menyarankannya. dibandingkan dengan yang lain (4) Saya akan terus membeli item Uniqlo.

Aaker dan Biel (1993) mendefinisikan citra merek sebagai penilaian konsumen terhadap suatu merek di pasar. Komponen ini dapat didasarkan pada pengalaman pribadi atau mendengar tentang reputasi orang lain dan media. Indikator citra merek Uniqlo dari Aaker dan Biel: (1) Citra perusahaan Uniqlo memiliki citra publik yang positif. (2) Foto Pengguna Pengguna Uniqlo adalah individu yang adaptif dengan sikap trendi, tidak rumit, dan modis. (3) Gambaran produk merek Uniqlo sederhana, tetapi ketika digunakan, tampak canggih.

Kualitas produk, menurut Kotler (2009), adalah kumpulan sifat dan karakteristik produk atau layanan yang bergantung pada kapasitasnya untuk memenuhi permintaan yang ditentukan atau disimpulkan. Berikut ini adalah indikator kualitas produk. Bentuk Bentuk,ukuran, atau struktur fisik suatu produk membedakannya dari barang lain. S

ifat, atribut, atau karakteristik merek ini segera dapat diidentifikasi dan menarik banyak peminat produk ini. Kepatuhan merek ini (Kepatuhan) menyediakan barang-barang berkualitas tinggi. Daya tahan produk (durability) ditentukan oleh ketahanan warna dan material yang baik. Keaslian Merek ini unggul sebagai lemari penting. Jika merek ini rusak, prosedur perbaikannya sederhana. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan produk ini dengan lebih terjamin. harga untuk desain yang menarik secara estetika.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline