Lihat ke Halaman Asli

Rimadhani PutriBudiana

Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Buat Poster dan Video Iklan tentang Pentingnya Komunikasi Bagi Anak Usia Dini

Diperbarui: 12 Agustus 2022   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Kegiatan belajar-bermain di Pos Paud Puspa Asih XIV/dokpri

CILACAP – Berawal dari antusias RW 14 menyambut program KKN Mahasiswa UNDIP dan pembaruan sistem PAUD di RW 14 yang masih sangat membutuhkan perhatian maka diperlukan media komunikasi yang dapat menampilkan betapa pentingnya mengenyam PAUD bagi anak usia dini. Rimadhani Putri Budiana, salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tahun 2022 dari prodi Ilmu Komunikasi berinisiatif untuk mempromosikan Pos Paud Puspa Asih XIV agar lebih dikenal oleh masyarakat luas yang dikemas dalam bentuk poster dan video iklan sesuai dengan dasar ilmu periklanan yang telah didapat selama masa perkuliahan. Melalui niat untuk memberdayakan masyarakat, mahasiswa turut menekankan pentingnya komunikasi bagi anak usia dini yang memiliki kecenderungan untuk mengarahkan masyarakat mendaftar di Pos Paud Puspa Asih XIV yang mengedepankan pentingnya komunikasi bagi anak usia dini.

Kegiatan pembuatan poster dan video iklan berlangsung selama 6 hari yang dimulai dari 4 hingga 9 Agustus 2022. Tentu dalam pembuatannya diperlukan konsep yang menarik untuk mempromosikan Pos Paud Puspa Asih XIV yang masih belum dikenal oleh masyarakat di kelurahan Sidanegara melalui poster dan video iklan. Maka dari itu, mahasiswa mengemas iklan tersebut dengan pesan yang menekankan mengenai pentingnya komunikasi bagi anak usia dini sehingga diperlukan PAUD untuk mengasah kemampuan komunikasi anak dengan teman sebaya hingga guru paud yang senantiasa mampu membuat anak mengembangkan kecerdasan bahasa yang dimiliki.

mono-2-62f617da3555e455c1797092.jpeg

Gambar 2. Pengambilan footage untuk pembuatan video iklan/dokpri

Pada Kamis (4/8), mahasiswa mulai mengambil footage video aktivitas di Pos Paud Puspa Asih XIV mulai dari anak didik berbaris, berdoa bersama, belajar mewarnai hingga menulis, dan istirahat serta bermain bersama teman-teman sebaya. Dalam hal ini, interaksi antara anak-anak dengan guru menjadi hal yang paling diperhatikan oleh mahasiswa di mana memang melalui PAUD anak-anak dapat diajarkan untuk melatih kesabaran mereka dan sosialisasi bersama teman sebaya. Selama proses pengambilan footage video hingga Jumat (5/8), mahasiswa turut berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan para guru dan anak di mana konsep iklan yang dibuat mahasiswa juga diterima baik oleh para guru PAUD yang juga menyarankan untuk sekaligus dibuatkan media sosial.

Gambar 3. Tangkapan layar akun Instagram dan Youtube Pos Paud Puspa Asih XIV/dokpri

Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa juga membuatkan beberapa akun media sosial untuk Pos Paud Puspa Asih XIV di antaranya Instagram dan Youtube sebagai media komunikasi virtual PAUD dengan khalayak luas serta membuatkan beberapa konten dalam media sosial PAUD untuk memantik keberlanjutan konten yang akan dipegang sepenuhnya oleh guru PAUD agar dapat mengaktifkan serta mengembangkan kembali berbagai kegiatan di Pos Paud Puspa Asih XIV. Berkaitan dengan pembuatan video iklan pentingnya komunikasi anak usia dini juga melalui proses editing yang dilakukan selama beberapa hari untuk menyempurnakan konsep iklan yang telah direncanakan. Dalam hal ini, hasil video iklan tersebut selanjutnya telah dipublikasikan di channel Youtube POS PAUD PUSPA ASIH 14. Melalui pesan persuasif mengenai pentingnya komunikasi untuk anak usia dini dapat menekankan betapa pentingnya mengasah kemampuan komunikasi anak melalui Pendidikan Anak Usia Dini di mana dapat mengembangkan kepercayaan diri anak, membuat anak lebih berharga, hingga mempererat hubungan sosial anak.   

Gambar 4. Penyerahan dan pemaparan hasil poster, akun media sosial, serta iklan mengenai pentingnya komunikasi bagi anak usia dini/dokpri

Hasil poster dan video iklan mengenai pentingnya komunikasi pada anak usia dini diserahkan pada Jumat (12/8) yang disambut antusias oleh para guru PAUD dan orang tua anak didik yang tentunya dapat mempromosikan kegiatan belajar di Pos Paud Puspa Asih XIV. Melalui program KKN ini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan pada anak-anak dan meningkatkan kesadaran para orang tua di Kelurahan Sidanegara mengenai pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini guna mengasah kemampuan komunikasi anak. Respon positif dari RW 14, guru PAUD, anak, dan para orang tua sangat membantu keberhasilan program pembuatan poster dan video iklan yang telah dirancang oleh mahasiswa dalam melaksanakan KKN di kelurahan Sidanegara. (RPB)

Penulis: Rimadhani Putri Budiana – Program Studi Ilmu Komunikasi

DPL: Dr. Prasetyo Budi Widodo, S. Psi, M. Si

Lokasi KKN: Kel. Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline