Lihat ke Halaman Asli

Rima EkaPutri

Mahasiswa Sastra Universitas Airlangga

Analisis Resensi dari Buku Pendidikan Anak Pra Sekolah Karya Irjus Indrawan dan Hadion Wijoyo

Diperbarui: 6 Mei 2023   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Buku yang berjudul "Pendidikan Anak Pra Sekolah" karya Irjus Indrawan dan Hadion Wijoyo ini dipersembahkan untuk para dosen, guru, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyakat yang peduli akan pendidikan anak khususnya pendidikan anak pra sekolah. Sehingga bisa disimpulkan jika buku ini ditujukan oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Buku ini memenuhi kebutuhan pembaca terutama bagi orang tua dan guru untuk mendidik anak agar memiliki kepribadian baik kedepannya. Pada usia anak pra sekolah, penanaman nilai-nilai kehidupan sangat perlu dilakukan karena perkembangan anak sangat menentukan untuk perkembangan anak selanjutnya. Pendidikan anak dimulai dari sejak awal kehidupan anak dalam keluarganya, orang tua merupakan guru utama anak dalam memberikan stimulus perkembangan fisik dan mental anak.

Dalam buku ini menyajikan banyak informasi-informasi baru yang penting sehingga dapat menambah wawasan tentang pendidikan karakter maupun pendidikan anak pra sekolah. Buku ini membahas dengan cukup mendetail mengenai strategi pembelajaran anak pra sekolah dan bagaimana setiap unsur memenuhi persyaratan, hingga jenis-jenis strategi pembelajaran. Juga didukung oleh tabel-tabel yang menjelaskan mengenai pendidikan anak usia dini hingga menuju dewasa. Buku ini juga membahas mengenai anak memasuki pendidikan lebih lanjut, mengurangi angka mengulang kelas, mengurangi angka putus sekolah (DO), mempercepat pencapaian wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, menyelamatkan anak dari kelalaian didikan wanita karir dan ibu pendidikan rendah, meningkatkan mutu pendidikan, mengurangi angka buta huruf muda, memperbaiki derajat kesehatan dan gizi anak usia dini, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan sebagainya.

Pengaruh buku ini terhadap para pembaca yakni pembaca dapat mengetahui mengenai pendidikan pra sekolah yang harus diterapkan pada anak usia dini. Sehingga buku tersebut dapat menyadarkan para pembaca, jika kita harus mendidik anak melalui strategi pembelajaran yang benar. Agar kedepanya anak memiliki karakter yang baik dan benar serta nantinya akan menjadi anak yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama. Diharapkan setelah membaca buku ini para guru dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam mengajar, serta dapat mengimplementasikan pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Buku karya Irjus Indrawan dan Hadion Wijoyo ini memiliki pengaruh yang besar terhadap para pembaca. Karena dengan membaca dan mempelajari buku ini, kita dapat mempelajari bagaimana metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak pra sekolah juga dalam mendidik anak agar tidak salah langkah. Buku ini dipersembahkan untuk para dosen, guru, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat yang peduli akan pendidikan anak khususnya pendidikan anak pra sekolah. Bukan hanya itu saja, melainkan buku ini untuk semua kalangan tidak memandang umur. Setelah membaca buku ini maka kita akan menambah wawasan dan lebih membuka pikiran kita mengenai mendidik anak pra sekolah saat usia dini agar tidak salah langkah.

Buku ini menyajikan ragam strategi pembelajaran bagi anak pra sekolah yang sesuai dengan standar proses pendidikan yang berlaku. Kerangka teori, konsep, dan prinsip, serta contoh pengeplikasian setiap strategi pembelajaran anak pra sekolah diuraikan setahap demi setahap guna memandu pembanca untuk memahami, memilih, dan menerapkan strategi yang sesuai dengan lingkungan pembelajaran. Pengaruh buku ini terhadap pembaca sangat bermanfaat bagi pendidikan pada masa sekarang, karena tujuan dari pendidikan pra sekolah adalah untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan serta untuk pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.

Isi dan pembahasan dalam buku ini sudah sangat sistematis dan pemakaian gaya bahasa yang mudah dipahami menjadikan buku ini sangat cocok untuk semua kalangan seperti masyarakat sekitar dan praktisi pendidikan. Hanya saja untuk praktisi pendidikan mungkin perlu memutar otak lagi mengingat buku ini sanagat minim menyiapkan konsep yang siap untuk di pakai. Ukuran buku ini yang tipis setara dengan dengan tujuan dari buku tersebut yakni memberikan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Penulis dalam buku ini memaparkan studi, fakta, dan ide yang dapat dipertimbangkan oleh para pembaca untuk membuka paradigma berpikir kita mengenai strategi pembelajaran yang sesuai standar proses pendidikan. Tak heran jika buku ini sangat berguna bagi kita karena ditulis oleh orang yang cukup berpengalaman dibidangnya sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya dan telah terbukti dengan artikel-artikel hasil penelitiannya dijurnal-jurnal, serta beberapa bukunya yang telah diterbitkan. Struktur yang tersusun secara baik dan teratur serta pembagian bab dan topik terarah, dilengkapi dengan table yang memberi informasi tersebut.

Kelebihan buku ini sangat banyak sekali di antaranya yakni buku ini menjelaskan dalam bentuk bahasa juga kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Buku ini menjadi panutan bagi para pendidik dan orang tua terhadap anak-anaknya untuk mendidik yang baik dan benar yang nantinya akan menjadi anak yang bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama. Sehingga buku ini sangat penting dibaca serta direkomendasikan untuk semua masyarakat diberbagai kalangan untuk menambah wawasan. Kejelihan dan ketelitian serta keruntutan pengarang dalam mengupas teori terkait pendidikan anak pra sekolah merupakan sisi kelebihan dari buku yang di tulisnya.

Namun, untuk sebagian orang buku ini akan terkesan membosankan. Buku ini tidak menyajikan gambar satupun melainkan hanya terdapat tabel yang menjelaskan materi isi buku saja. Sekalipun relevan dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran serta informasi yang jelas. Agar tidak terkesan membosankan, ada baiknya terdapat gambar-gambar yang disajikan oleh penulis, sehingga akan terlihat lebih menarik. Terlepas dari kekurangan-kekurangannya, buku Pendidikan Anak Pra Sekolah ini, dapat digunakan sebagai referensi yang baik bagi guru pada khususnya dan bagi semua pembaca pada umumnya.

Pandangan saya sebagai seorang peresensi buku yang berjudul "Pendidikan Anak Pra Sekolah" ialah kemunculan buku ini telah memperkaya pengetahuan pendidikan khususnya untuk para pembaca dan guru. Buku ini sudah bagus dan menarik untuk dibaca dan dipelajari akan tetapi, akan lebih baik lagi kalau penulis menambahkan beberapa gambar untuk cukup memberi gambaran serta informasi yang jelas agar tidak terkesan membosankan bagi para pembaca. Untuk itu perlu dilakukan penyempurnaan dari segala aspek demi kesempurnaan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat dan bersifat membangun bagi para pembaca mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pendidikan untuk kemudian menerapkannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline