Lihat ke Halaman Asli

R Ilham Wuryanto

Karyawan Swasta

Bahaya Kerusakan Ginjal karena Kadar Gula Darah Tinggi

Diperbarui: 27 April 2023   09:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Gagal ginjal merupakan kondisi ginjal yang sudah tidak mampu melakukan pekerjaannya lagi untuk menyaring zat-zat berbahaya dalam tubuh. Gagal ginjal dapat terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang cukup tinggi dapat merusak pembuluh darah dan jaringan syaraf. Jika hal ini terjadi pada ginjal, maka hal ini akan dapat merusak ginjal. Kerusakan ginjal akibat tingginya kadar gula darah umumnya dijumpai pada kasus penderita diabetes.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gagal ginjal terjadi ketika pembuluh darah di ginjal mengalami kerusakan. Kerusakan pembuluh darah ini dapat menghambat aliran darah ke ginjal sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat dan menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Gejala awal gagal ginjal akibat kadar gula darah tinggi cukup sulit dilihat. Namun, saat semuanya semakin parah, penderita dapat mulai merasakan berbagai gejala seperti tekanan darah yang meningkat dan kandungan zat-zat yang seharusnya tidak terdapat dalam urin seperti protein.

Gagal ginjal adalah suatu penyakit yang berbahaya. Jika tidak ditangani dengan baik, penderita dapat mengalami berbagai komplikasi yang dapat mengancam nyawa. Beberapa hal buruk yang mungkin terjadi pada seseorang jika mengalami kerusakan ginjal adalah sebagai berikut:

  • Gagal ginjal dapat meningkatkan kadar toksin dalam darah. Ginjal berfungsi untuk menyaring zat-zat berbahaya dari cairan dan darah dalam tubuh manusia. Gagal ginjal artinya ginjal tidak dapat lagi melakukan tugasnya untuk menyaring toksin dalam darah. Toksin dan berbagai zat berbahaya lainnya dapat menumpuk dalam darah yang berakibat pada timbulnya berbagai macam penyakit.
  • Gagal ginjal dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gagal ginjal dapat menyebabkan penumpukan zat racun dalam darah yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, gagal ginjal juga dapat meningkatkan tekanan darah penderita yang menyebabkan penderita dalam kondisi tekanan darah tinggi. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.
  • Gagal ginjal dapat menyebabkan penderitanya membutuhkan terapi dan perawatan seumur hidup. Kondisi ginjal yang sudah rusak parah hingga tidak berfungsi dengan baik lagi membuat penderitanya membutuhkan terapi untuk menjalankan fungsi yang seharusnya dilakukan oleh ginjal. Penderita gagal ginjal biasanya memerlukan terapi hemodialisis atau cuci darah.

Gagal ginjal akibat kadar gula darah tinggi perlu segera diatasi dengan berbagai upaya pengobatan dan terapi. Penting bagi penderita untuk mengontrol kadar gula darahnya melalui program diet atau pengobatan khusus untuk menjaga kadar gula darah dan tekanan darah tetap stabil. Jika sudah cukup parah, penderita dapat melakukan terapi hemodialisis atau transplantasi ginjal.

Seseorang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi dapat mengonsumsi suplemen penurun kadar gula darah. Salah satu contoh suplemen yang dapat mengontrol kadar gula darah adalah Bio Insuleaf. Bio Insuleaf adalah ramuan herbal yang diformulasikan secara khusus untuk mengontrol kadar gula darah. Penggunaannya dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena penyakit gagal ginjal akibat tingginya kadar gula darah dan membantu mencegah komplikasi yang lebih lanjut dari penyakit-penyakit yang mungkin timbul dari peningkatan kadar gula darah.

Meski ada berbagai cara untuk mencegah kerusakan ginjal akibat gula darah tinggi, cara terbaik mencegah penyakit tersebut adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Seseorang dapat menjaga pola makannya secara teratur, rajin melakukan olahraga dan kegiatan fisik, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, dan bila perlu mengonsumsi suplemen untuk menjaga kadar gula darah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline