Lihat ke Halaman Asli

R Ilham Wuryanto

Karyawan Swasta

Mencari Solusi untuk Kaki Kram di Malam Hari

Diperbarui: 25 Oktober 2022   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ibuku sering kali merasakan sakit di bagian kakinya saat malam hari. Ketika rasa sakit itu datang, ibuku selalu memintaku untuk memanaskan seember air dengan campuran garam sebagai bentuk pertolongan pertama. Ibuku selalu merasa lebih baik setelah merendamkan kakinya di air garam hangat tersebut. Aku yang penasaran mulai mencari tahu apa yang menyebabkan rasa sakit yang dirasakan ibuku di bagian kakinya.

Ternyata rasa sakit yang dirasakan oleh ibuku adalah kram. Kram adalah kondisi otot yang mengalami kontraksi sehingga menyebabkan rasa sakit pada bagian otot tersebut. Kram muncul secara tiba-tiba dan hanya berlangsung selama beberapa saat.

Kram sebenarnya tidak membahayakan tetapi sangat mengganggu apalagi jika terjadi secara tiba-tiba saat kita sedang terlelap. Kita bisa terbangun dari tidur karena rasa sakit yang muncul itu. Kualitas tidur kita dapat terganggu jika kram otot terus-menerus muncul.

Ibuku yang sudah tua sering kali merasakan kram pada kakinya. Semakin bertambahnya usia, kram otot dapat terladi lebih sering. Mungkin ini juga yang menjadi alasan mengapa ibuku sering merasakan kram di malam hari.

Salah satu bentuk pertolongan pertama yang dilakukan untuk mengatasi kram otot adalah merendamkan bagian otot yang kram dengan air hangat. Air garam hangat dapat memperlancar aliran darah, membuat otot menjadi lebih santai, dan mengatasi pegal. Namun, air garam hangat selalu dipakai oleh ibuku untuk pertolongan setelah terjadinya kram.

Aku mulai mencari di internet bagaimana caranya untuk mengatasi masalah kram yang dialami ibuku. Ibuku lebih menyukai produk alami atau produk organik dibandingkan obat-obatan dari dokter. Aku pun mulai mencari produk yang sesuai agar ibuku lebih suka dan mau mengonsumsinya. Akhirnya aku menemukan produk susu kambing herbal instan Etawalin.

Etawalin adalah produk susu kambing etawa yang dipadukan dengan bahan-bahan herbal alami. Menurut informasi yang aku dapatkan, Etawalin mampu mengatasi berbagai permasalahan otot, sendi, dan tulang. Kandungan bahan-bahan herbal seperti jahe, temulawak, kayu manis, salam dan sereh membuat rasa minuman instan ini memiliki rasa seperti jamu yang manis. Bahan-bahan herbal tersebut memiliki manfaat yang baik bagi otot sehingga dapat mencegah atau mengatasi masalah kram.

Aku memesan produk Etawalin melalui iklan yang muncul di Facebook. Tiga hari kemudian, produk yang aku pesan sampai. Aku segera meminta ibuku untuk mencobanya.

Ibuku menyukai susu Etawalin yang aku beli. Rasanya seperti jamu yang manis. Sensasinya lembut di mulut. Ibuku sempat mengira kalau aromanya prengus dan rasanya amis. Ternyata rasa jamu dan aroma rempahnya lebih dominan.

Kram yang dialami ibuku semakin berkurang setelah mengonsumsi Etawalin setiap hari. Ibuku juga sudah jarang terbangun di malam hari karena kram yang dirasakannya sehingga tidurnya lebih berkualitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline