Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Ikut Serta dalam Pemasangan Biogas di Desa Bicak

Diperbarui: 30 Juli 2023   12:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kegiatan mahasiswa KKN UM (Dokpri)

Pemasangan Biogas di Desa Bicak kecamatan Trowulan Mojokerto oleh warga yang di bantu oleh mahassiswa KKN UM dilaksanakan pada tanggal 21 juni 2023. Biogas merupakan salah satu produk unggulan Desa Bicak yang sudah berjalan sejak bulan maret 2023. Pada kesempatan ini mahahsiswa KKN UM Desa Bicak berkesempatan membantu pemasangan pipa gas yang menghubungkan pusat pembuatan biogas Desa Bicak ke rumah salah satu warga.

Pemasangan  biogas ini di kelola oleh ketua rt 03  Dusun Kedawung dan juga beberapa warga. Proses pemasangan biogas ini dilaksanakan dengan cara pemasangan pipa gas dari rumah warga yang di salurkan ke pusat biogas yang terletak di lapangan Dusun Kedawung.

kegiatan mahasiswa KKN UM (Dokpri)

Tujuan pengelolaan biogas sendiri adalah untuk penghematan pembelian gas untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. Biogas di Desa Bicak ini sendiri memanfaatkan kotoran sapi warga yang di timbun pada septic tank khusus yang sudah di siapkan untuk mengalirkan gas ke beberapa rumah warga.

Biogas Desa Bicak ini merupakan suatu terobosan yang lumayan membantu bagi beberapa masyarakat yang kurang mampu karena penggunaan biogas ini tergolong lebih murah di bandingkan dengan penggunaan gas elpiji.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline