Lihat ke Halaman Asli

RIKO

Guru/ Kepala Sekolah

Peran Teknologi dalam Pembelajaran

Diperbarui: 9 Maret 2024   05:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

Oleh : Sunarto, S.Pd.SD

Pendidikan telah mengalami perubahan besar seiring dengan perkembangan teknologi di era digital. Teknologi pendidikan masa kini sangat jauh berkembang. Dengan perkembangan yang sangat pesat ini membuat proses pembelajaran lebih cepat dan efektif. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga sudah bukan lagi menjadi suatu pilihan, melainkan menjadi kebutuhan yang mendesak. Ada hal yang perlu kita ketahui, khususnya di daerah pelosok bahwa untuk mendapatkan sebuah bacaan berupa buku sangatlah sulit. Mereka hanya menandalkan guru-guru mereka sebagai sumber materi. Sedangkan saat ini perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan yang signifikan bagi dunia pendidikan.

Teknologi yang berperan penting bagi pembelajaran saat ini adalah internet. Internet membuat proses pembelajaran menjadi lebih cepat , praktis dan effisien. Peserta didik dan guru dapat memperoleh informasi dari beberapa sumber secara cepat, serta menghemat waktu. Selain itu dengan adanya Internet, guru dan peserta didik dapat mengakses game interaktif yang sangat efektif jika diterapkan dalam pembelajaran. Adapun game Edukatif atau Interaktif yang bisa guru terapkan dalam pembelajaran yang bisa diterapkan seperti; WordWall, Quiziz, Kahoot, Teka-teki silang, dan lain sebagainya.

Penggunaan aplikasi game interaktif seperti WordWall, Quizizz dan lain sebagainya ini dapat terhubung dengan guru dan sesama peserta didik, mengakses materi pembelajaran dan berpartisipasi dalam aktivitas interaktif yang membuat mereka bersemangat dalam belajarnya. Selanjutnya manfaat dari penggunaan aplikasi game interaktif atau edukatif adalah kemampuannya untuk menghadirkan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif. Peserta didik dapat menjalani pembelajaran dengan cara yang lebih fleksibel, mengakses sumber belajar yang beragam, dan terlibat aktif dalam aktivitas yang membangun ketrampilan kritis dan kreatif.

Contoh penerapan aplikasi game edukatif yang pernah saya terapkan adalah salah- satunya aplikasi game edukatif "WordWall" pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IV Sekolah Dasar.

 

Aplikasi Game WordWall adalah aplikasi edukatif yang bisa digunakan untuk menciptakan berbagai aktivitas pembelajaran interaktif seperti kuis puzzle, mencari kata, menjodohkan, dan game menarik lainnya. Dalam WordWall guru dapat mengatur beberapa elemen pembelajaran seperti pertanyaan, bank kata, gambar untuk melibatkan peserta didik dalam aktivitas tersebut. Keberagaman aktivitas dan variasi tampilan audio visual ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif bagi peserta didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline