Lihat ke Halaman Asli

Blue Ambience

Belajar untuk sering menulis

Tontonan Youtube Berfaedah

Diperbarui: 29 Mei 2018   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Siapa yang gak kenal Youtube jaman sekarang, platform sharing video ini tentu kian semakin bertambah bahkan mulai mempengaruhi prilaku penggunanya. Di Youtube banyak jenis video dengan tema yang berbeda, entah sosial, agama, budaya, politik, gaya hidup, kuliner, wisata, dll.  

Semakin maraknya respon masyarakat terhadap Youtube sampai-sampai orang-orang kini semakin keativ mengunggah video mereka sendiri seperti meng-cover lagu, sekedar sharing, video lucu, berpidato, tutorial, vlogger, dan lain-lain.

Banyaknya video di-Youtube mampu membuat sebagian orang berpindah tontonan dari yang tadinya sering nonton TV, sekarang mereka memilih nonton Youtube. Alasannya gak jauh karena acara-acara di TV  gitu-gitu aja kurang manfaat (katanya).

Kebanyakan pengguna Youtube secara stereotip bisa dikatakan hanya menonton tontonan yang lucu, atau cewe cantik, untuk mengisi waktu luang mereka (bukan untuk kebutuhan seperti tutorial dll). Gak ada salahnya sih, setiap orang punya hak atas apa yang ia lakukan. Tapi, alangkah baiknya Youtube membuat pikiran kita terbuka dan menambah wawasan tentang dunia.

Seperti misal TEDx, TEDx semacam sebuah institusi yang menampilkan orang-orang menarik dengan ceritanya yang menginspirasi. Diantara videonya membahas tentang; bagaimana cara membuat kepercayaan, mengapa anda tidak suka suara anda sendiri?, 3 langkah mengubah hidupmu, dan seterusnya. 

Inti dari videonya ialah kita diajak untuk mendengar seseorang berbicara dengan topiknya diatas panggung. Topik yang dibahas lumayan menarik dan begitu juga pembahasannya. Sebenernya aku awal menonton video ini karena ingin lebih banyak mendengar orang berbicara dengan bahasa inggris, terlebih melihat pidatonya sebagai referensi buat nanti kalo ada tugas presentasi.

Aku juga mau berbagi tips bagaimana agar kita bisa menikmati videonya dengan diikuti subtitle bahasa Indonesia, berikut ini caranya:

Tutorial menggunakan subtitle bahasa Indonesia di Youtube

1. Masuk ke setelan, atau logo gear di pemutar Youtube

2. Klik "Subtitle/CC", pilih "Inggris"

3. Setelah Subtitle Inggris diaktifkan masih di tab Subtitle/CC lalu pilih "terjemahkan otomatis" lalu pilih Indonesia.

Thanks




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline