Lihat ke Halaman Asli

RIKI SUBAGJA

Mahasiswa biasa biasa aja

Bakteri Penambat Nitrogen Asli: Solusi Pemulihan Tanah Pasca Tambang Timah

Diperbarui: 23 Desember 2023   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tanah pasca tambang timah merupakan lahan yang telah mengalami kerusakan akibat aktivitas penambangan timah. Kerusakan tersebut dapat berupa penurunan kesuburan tanah, pencemaran logam berat, dan kehilangan vegetasi. Hal ini menyebabkan tanah pasca tambang timah menjadi tidak produktif dan tidak dapat dimanfaatkan untuk pertanian.

Salah satu upaya untuk memperbaiki kesuburan tanah pasca tambang timah adalah dengan penambahan bakteri penambat nitrogen. Bakteri penambat nitrogen adalah bakteri yang mampu mengikat nitrogen bebas di atmosfer dan mengubahnya menjadi senyawa nitrogen yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Nitrogen merupakan unsur hara penting yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Penambatan Nitrogen oleh Bakteri

Proses penambatan nitrogen oleh bakteri merupakan proses biokimiawi yang kompleks. Proses ini melibatkan enzim nitrogenase, yang dapat mengkatalisis reaksi antara nitrogen bebas dan hidrogen untuk menghasilkan ammonia (NH3). Ammonia kemudian diubah menjadi senyawa nitrogen lainnya, seperti nitrat (NO3-) dan fosfat (PO43-), yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman.

Bakteri penambat nitrogen dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu bakteri simbiosis dan bakteri non-simbiosis. Bakteri simbiosis hidup bersimbiosis dengan tanaman tertentu, seperti kacang-kacangan. Bakteri non-simbiosis hidup bebas di tanah dan dapat mengikat nitrogen bebas tanpa bantuan tanaman.

Bakteri Penambat Nitrogen Asli

Bakteri penambat nitrogen asli adalah bakteri penambat nitrogen yang berasal dari tanah pasca tambang timah. Bakteri ini telah beradaptasi dengan kondisi tanah yang rusak akibat penambangan timah.

Bakteri penambat nitrogen asli memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bakteri penambat nitrogen yang diintroduksi dari luar. Bakteri penambat nitrogen asli lebih toleran terhadap kondisi tanah yang buruk, seperti tanah yang miskin hara dan tercemar logam berat. Selain itu, bakteri penambat nitrogen asli juga lebih efektif dalam mengikat nitrogen bebas.

Pemanfaatan Bakteri Penambat Nitrogen Asli

Bakteri penambat nitrogen asli dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kesuburan tanah pasca tambang timah. Bakteri ini dapat ditambahkan ke dalam tanah melalui proses inokulasi. Inokulasi adalah proses penambahan mikroba bermanfaat ke dalam tanah untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Pemanfaatan bakteri penambat nitrogen asli dalam rehabilitasi lahan pasca tambang timah memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline