Lihat ke Halaman Asli

Riki subagja

Mahasiswa Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kualitas Sumber Daya Manusia Di Indonesia Dalam Menghadapi Global Megatrend Tahun 2045

Diperbarui: 17 Januari 2022   02:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia akan diprediksi mengalami kebangkitan generasi emasnya pada Tahun 2045 mendatang. Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, merupakan rencana yang di usung dalam pembangunan bidang pendidikan dan tentunya melalui sudut pandang yang inovasional atau mengacu pada masa depan mendatang. Sumber daya manusia yang di harapkan Indonesia adalah bisa membawa kejayaan dan kesejahteraan negara ini, dan semuanya tentunya bergantung pada kualitas sumber daya manusia di dalamnya, dimana sumber daya manusia menjadi penggerak semua bidang untuk bisa menggerakkan Indonesia menuju Indonesia yang maju.Berangkat dari hal tersebut, dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang dimana dalam hal ini adalah tanggung jawab bidang kependidikan, maka bidang pendidikan harus berusaha lebih maksimal dalam memproses sumber daya manusia yang ada agar terwujudnya sumber daya manusia yang bisa memberikan kontribusi lebih dalam mencapai tujuan secara menyeluruh untuk pembangunan nasional. Menurut Kementrian Pendidikan dan Budaya Tahun 2017 bahwa aspek ekonomi, sosial dan budaya serta tentunya juga aspek politik adalah aspek yang menjadi perhatian Indonesia saat ini, hal itu dikarenakan karena aspek-aspek tersebut termasuk ke dalam rencana pembangunan nasional dalam konteks peningkatan kualitas sumber daya manusia. Aspek-aspek penting tersebut tidak akan berjalan secara maksimal jika tidak didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas.

Indonesia berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan sebagai pencipta sumber daya manusia yang berkualitas, dan hal itu adalah wujud perencanaan dalam menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. Kesepakatan Indonesia dalam hal pendidikan melalui Document Sustainable Development Goals (SDGs).  Perpres No. 59 Tahun 2017 merupakan produk hukum yang memuat kesepakatan dalam pernyataan tersebut, dimana pendidikan menjadi tujuan secara global yaitu terjaminnya pendidikan yang berkualitas secara merata dan tentunya peluang belajar setiap manusia harus ditingkatkan di seluruh pelosok negeri ini.

Sebenarnya muara tujuan perencanaan tersebut adalah agar terwujudnya pemeliharaan keseimbangan antara pertumbuhan dan penyebaran penduduk. Upaya pembangunan manusia yang mulai di garap saat ini harus memiliki pondasi yang kuat berupa peraturan untuk mengendalikan populasi yang ada agar bisa bersaing nantinya. Hal tersebut adalah bentuk respon atau sikap pemerintah Indonesia terhadap bonus demografi, yang dimana generasi emas 2045 akan terwujud jika pemerintah bisa merespon kesemuanya itu dengan baik.

Prediksi mengenai Global Megatrend yang akan kemungkinan besar terjadi pada Tahun 2045,dimana pada Tahun tersebutnya juga genap usia Indonesia merdeka 100 tahun. Peluang Indonesia di tahun 2045 sangatlah tinggi, terutama dari bonus demografi  yang akan jadi milik Indonesia sendiri. Hal itu karena penguasaan output ekonomi dunia akan di kuasi oleh Asia Pasifik. Dalam hal ini perlu disadari 100 tahun usia Indonesia bukanlah usia yang muda, oleh karena itu pemerintah harus bisa merangkul masyarakatnya agar mampu menciptakan negara maju dan sejahtera dan tentunya kaya sebelum hari tua itu mendatang.

Kualitas sumber daya manusia di Indonesia dalam menghadapi Global Megatrend 2045 mendatang dapat disimpulkan bahwa sedang berada ditahap persiapan. Pemerintah melalui bidang pendidikan dan pembangunan sedang berusaha berupaya membangun kualitas sumber daya manusia yang mumpuni yang memiliki kemampuan daya saing lebih di kancah nasional maupun internasional. Upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dimulai dari masih dalam kandungan sampai usia produktif. Berbagai strategi kebijakan telah diambil dan dilaksanakan semenjak tahun 2019 lalu.

Melalui strategi yang dicanangkan Indonesia dan juga diikuti peluang kesempatan yang tinggi, Indonesia diharapkan berhasil dalam pembangunan sumber daya manusia yang sedang proses penggarapan saat ini. Terwujudnya sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif adalah upaya agar Indonesia bisa mendapatkan generasi emas di tahun 2045 mendatang dan diiringi oleh Global Megatrend.

Indonesia dengan sangat percaya diri berusaha mewujudkan mimpi dan cita-cita bangsa, yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Kepercayaan tersebut datang dari potensi yang dimiliki Indonesia saat ini, bahkan potensi tersebut menjelma menjadi sebuah senjata yang mematikan yang akan memiliki kontribusi dan penopang dalam mewujudkan Indonesia unggul. Senjata tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah sumber daya manusia yang akan menjadi generasi emas 2045 mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline