Lihat ke Halaman Asli

Rikho Kusworo

Menulis Memaknai Hari

(Renungan) Ketika Nasi Kucing Menjadi Hidangan Rohani

Diperbarui: 27 Juni 2016   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

moxroe.com

Sang Pencipta terkadang menegur kita dengan cara yang ramah. Termasuk ketika sebuah mutiara hikmah terpancar dari sebuah warung angkringan nasi kucing. Sebuah ironi yang menggugat kesadaran batin.

Warung nasi kucing biasanya menyediakan nasi bungkus sebesar kepalan tangan. Yang unik dari warung nasi kucing Pak Kumis adalah nasinya panas dari alat penanak nasi listrik dan disajikan dengan piring. Pak Kumis sibuk melayani pengunjung warung angkringan serupa gerobang dorong kayu. 

Sambil tersenyum ramah Pak Kumis menyapa wajah wajah lahap penikmat nasi putih berlauk sayur daun papaya,ikan teri,mie, dan kering tempe. Kalau pengunjung ingin menambah lauk, tersedia berbagai macam gorengan seperti tahu susur, tahu bacem, tempe mendoan. 

Selain itu juga terhidang sate telur puyuh, ampela, dan kepala ayam. Dengan sambal yang menggugah selera, nasi kucing Pak Kumis terkadang membuat saya harus nambah.

Namun sekarang ini saya tidak akan berbicara tentang hidangan lidah. Hidangan rohanilah yang harus saya telan dengan rasa malu setelah menyesap pengalaman ini.

Sekitar tiga hari menjelang bulan puasa Pak Kumis memberitahukan kepada saya agar datang ke warung angkringannya pada hari pertama berbuka puasa. Selain itu Pak Kumis meminta saya agar menyebarkan informasikan kepada teman teman yang biasa makan di warungnya bahwa pada hari pertama berbuka puasa, semua hidangan akan digratiskan. Saya pun mengiyakan. 

Walaupun pada akhirnya saya tidak memenuhi undangan buka puasa gratis tersebut. Nurani saya menolak kemasukan makanan gratis di warung angkringan Pak Kumis. Perut ini pasti berontak ketika pemiliknya tega menerima sedekah dari warung pedagang kecil yang mengais rupiah demi rupiah dari dagangan hidangan rakyat sederhana.

Beberapa hari yang lalu saya makan di warung Pak Kumis ketika pengunjung sedang sepi. Hati ini masih mengganjal ingin menanyakan langsung kepada Pak Kumis gerangan apa yang menggerakkan hatinya untuk menggratiskan semua makanan pada hari pertama puasa.

“Saya boleh bertanya sesuatu Pak Kumis,” kata saya.

“Ada apa mas?” tukasnya.

“Mengapa pada hari pertama puasa Bapak menggratiskan barang dagangan Bapak?”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline