Lihat ke Halaman Asli

Rika fadila

Mahasiswa

Beberapa Aspek Utama dari Teori Sosiokultural Vygotsky dan Plaget Mengemukakan Empat Tahap Perkembangan Kognitif Anak

Diperbarui: 17 Oktober 2024   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori perkembangan sosial yang dikemukakan oleh Lev Vygotsky adalah teori sosiokultural. Teori ini menyatakan bahwa perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak dipengaruhi oleh interaksi sosial dan konteks budaya. 

 

Beberapa aspek utama dari teori sosiokultural Vygotsky adalah: 

 

Interaksi sosial

Vygotsky percaya bahwa interaksi sosial dengan orang lain, seperti orang tua, guru, dan teman sebaya, penting untuk perkembangan kognitif. 

 

Alat-alat budaya

Vygotsky menekankan pentingnya alat-alat budaya, seperti bahasa, simbol, dan teknologi, dalam membantu anak-anak memahami dunia mereka. 

 

Internalisasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline