Lihat ke Halaman Asli

Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Pendapat Para Ahli

Diperbarui: 5 Juni 2021   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

manajemen 

Oleh : Rika Amelia

Mahasiswa S1 universitas pamulang 

  • Manajemen
  • manajemen dalah suatu bidang perushaan atau organisasi sangat lah penting , karena menejemen tidak bisa di lepaskan dari keduanya , menjemen memiliki peranan penting untuk mengatur suatu pekerjaan agar lebih efektif.
  • Manajemn adalah suatu proses dimana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang di kerjakan oleh individu atau kelompok  secara efektif  dalan menggunakan sumber daya.
  • Selain itu manajen dapat di artikan secara etimologinya , manajemn berarti seni mengatur dan melaksanakan .selain itu berikut pengertian manajemen menurut para ahli  antara lain :
  • James A.F Stoner
  • Manajemen merupakan proses perencanaan, perorganisasian , dan pemakaian sumber daya demi tercapainya tujuan perusahaan yang di tetapkan
  • R. Terry
  • Manajemen adalah sebuah proses unik yang terdiri dari berbagai tindakan perencanaan, perorganisasian , pengerakan dan pengendalian yang di lakukan untuk mencapai target yang telah di tentukan melalui sumberdaya alam maupun manusia.
  • Drs. Oey Liang Lee 
  • Manajemen adalah ilmu untuk merancang, menyusun, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengawasi berbagai kegiatan demi tercapainya tujuan yang telah di tentukan
  • Lawrence A.Apply
  • Manajemen adalah seni untuk mencapai suatu tujuan melalui usaha yang di lakukan bersama orang-orang lain.
  • Willson Bangun
  • Manajemn adalah kumpulan aktivitas teratur dan rapi yang di laksanakan oleh para anggota organisasi untuk mencapai tujuan .
  • Harold Koontz dan Cyril O'Donnell
  • Manajemen merupakan usaha untuk mencapai  tujuan lewat kegiatan orang lain.
  • F.W Taylor
  • Manajemen merupakan seni untuk memahami apa yang harus di lakukan dan bagaimana cara termudah dan termurah untuk melakukan sebaik mungkin .
  • Henry Fayol
  • Manajemen adalah proses memprediksi, merencanakan, mengatur, mengkordinasi, memerintahkan,dan mengendalikan kegiatan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
  • John F. Mee
  • Manajemen dapat di definisikan sebagai seni untuk melekukan upaya minimal demi mengamankan kemakmuran maksimum dan kebahagiaan maksimum  bagi pemilik usaha dan pegawai serta menyediakan layanan yang terbaik untuk masyarakat.
  • Donald J. Clough
  • Manajemen merupakan seni dan ilmu untuk  mengambil keputusan dan memimpin orang -- orang.

  • Fungsi Manajemen
  • Fungsi dalam manajemen terdiri dari 4 fungsi yaitu
  • perencanaan
  • Perencanaan adalah manajemen yang berfungsi menyusun rencana dan strategi  untuk mencapai tujuan organisasi
  • pengorganisasian
  • Fungsi perorganisasian adalah fungsi manajemen dalam hal pembagian tugas dalam kegiatan besar menjadi kecil untuk berbagi pada angota sesuai keahlian masing -- masing angota  organisasi.
  • mengarahkan
  • Pengarahan merupakan tindakan yang di lakukan agar anggota berusaha untuk mencapai cita-cita  organisasi, fungsi pengarahan dalam manajemen untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja  para angota  secara optimal .
  • mengontrol
  • Pengontrolan fungsi ini adalah untuk menilai kinerja para angota sesuai dengan sandar yang telah di buat kemudian melakukan perubahan dan perbaikan jika ada hasil yang di hasilkan.

Sumber- sumber

https://www.cermati.com

https://kumparan.com

https://qwords.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline