Lihat ke Halaman Asli

Riza Al Fariza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Project Kemanusiaan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Diperbarui: 1 September 2021   01:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta, 19 Juli 2021 -- Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta mengadakan sebuah project kemanusiaan berupa Vaksinasi tahap pertama untuk para civitas akademik dan juga masyarakat yang tinggal di sekitar kampus. Kegiatan ini diselenggarakan di dalam lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan berlangsung mulai dari tanggal 21 Juni -- 30 Juni 2021.

Pada kesempatan ini kelompok 1 Cita Waya Esa ikut berpartisipasi dalam kegiatan Vaksinasi tersebut yang terdiri dari 6 mahasiswa FISIP, 4 mahasiswa Fakultas Hukum, 5 mahasiswa FEB, 3 mahasiswa Fakultas Teknik dan 4 mahasiswa Fakultas Farmasi. dalam kegiatan vaksinasi tersebut, kelompok 1 Cita Waya Esa berperan menjadi panitia sukarelawan agar kegiatan vaksinasi di sentra UTA'45 Jakarta ini berjalan dengan lancar.

foto-pendaftaran-60f4241d70de051d85077892.jpg

Adapun kegiatan yang kelompok 1 Cita Waya Esa lakukan seperti menjadi panitia pendaftaran vaksinasi yaitu mendata jumlah peserta yang menghadiri kegiatan Vaksinasi ini, menjadi panitia administrasi data peserta Vaksinasi, memberikan brosur yang berisi informasi-informasi menarik seputar Covid-19, dan memberikan sosialisai mengenai vaksin kepada para peserta Vaksinasi yang sedang menunggu giliran masuk. 

pembagian-poster-2-60f423a606310e773d089bc3.jpg

Kegiatan Vaksinasi ini dihadiri oleh para civitas akademik UTA'45 Jakarta dan Masyarakat yang tinggal di sekitar kampus, setiap harinya peserta yang hadir lebih dari 300 peserta. Beragam reaksi diberikan oleh para peserta setelah melakukan vaksinasi.

"Ga ngerasain apa-apa sih, biasa aja, ga se-mengerikan yang orang bilang. Yang penting positif thinking aja, relax, jangan tegang, disuntik ga sakit kok" Rakes, Mahasiswa UTA'45 Jakarta.

"So far baik-baik aja sih, biasa aja setelah vaksin, cuman laper aja" Willy, Mahasiswa UTA'45 Jakarta. 

"Setelah vaksin saya menjadi lebih percaya diri, setidaknya saya sudah berusaha untuk sehat agar tidak mudah terkena virus"
Agus, Ketua RW 06 Kelurahan Sunter Agung.

Jenis Vaksin yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Sinovac dan AstraZaneca. Hal ini juga diungkapkan oleh Ibu Apt. Nuzul Fajriani, S.Farm., M. Sc salah satu koordinator Vaksinasi sentra UTA'45 Jakarta.

"Jenis vaksin yang kami gunakan dalam kegiatan Vaksinasi ini adalah Sinovac dan AstraZaneca, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pemerintah melalui Kemenkes" Ujar beliau (Rabu 23/06)

Tujuan kegiatan vaksinasi Covid-19 yaitu untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Melalui vaksin, tubuh akan terlindungi dengan cara membentuk respons antibody tanpa harus sakit terlebih dahulu. Artinya, vaksin Covid-19 mampu melindungi tubuh seseorang dari infeksi virus corona. Tidak hanya itu, jika kalian terinfeksi virus Covid-19, vaksin bisa membantu mencegah tubuhmu dari sakit parah atau potensi munculnya komplikasi serius.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline