Lihat ke Halaman Asli

MENGENAL SISTEM KEKEBALAN TUBUH KITA

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mengapa sebagian dari kita tidak gampang sakit , sedangkan sebagian lainnya gampang sakit? Mengapa semakin bertambahnya usia, seseorang menjadi mudah lelah serta timbul rasa nyeri di tulang dan sendi?

Kemampuan seseorang untuk terlindung dari sakit sangat tergantung pada daya tahan tubuhnya. Daya tahan tubuh ini sangat berbeda pada setiap orang. Bahkan, pada orang yang sama daya tahan tubuhnya bisa tidak stabil. Pagi hari daya tahan tubuhnya kuat, bisa saja tiba – tiba daya tahan tubuh melemah pada siang hari.

Dalam tubuh kita terdapat mekanisme perlindungan yang sangat mengagumkan, yang kita kenal dengan system kekebalan tubuh. Sistem ini bekerja selama 24 jam dengan beribu – ribu cara yang berbeda dan berguna untuk pertahanan diri dari serangan bakteri, mikroba, virus, parasit, dan toksin atau racun bagi tubuh. Jika system ini tidak berfungsi ( seperti pada orang yang telah meninggal ), dalam beberapa jam saja tubuh akan diserang oleh berbagai jenis bakteri, mikroba, dan parasit. Hanya tubuh kita hingga yang tersisa hanya kerangka saja. System kekebalan tubuhlah yang bekerja secara manakjubkan untuk mencegah terjadinya penguraian tersebut.

Berikut adalah contoh sederhana untuk memahami bagaimana system kekebalan tubuh bekerja :

·Ketika seseorang terluka, berbagai macam virus dan bakteri masuk dalam badan melalui robekan luka di kulit. System kekebalan tubuh menghalagi dan mengurangi bahkan menghilangkan virus – virus tersebut bersamaan ketika kulit sedang menyembuhkan dirinya sendiri, dan menutup luka tersebut.

·Ketika seekor nyamuk menggigit, terdapat suatu bengkak merah yang gatal di kulit. Itu suatu tanda yang kelihatan dari system kerja kekebalan tubuh.

·Setiap waktu ketika seseorang menarik afas, tanpa disadari beribu – ribu kuman ( virus dan bakteri ) yang sedang mengapung di udara terhisap oleh hidung. System kekebalan tubuh berhadapan dengan berbagai macam kuman dan bakteri tersebut tanpa suatu masalah.namu ada kalanya suatu kuman memiliki masa inkubasi ( waktu untuk berkembang biak) yang lama dan system kekebalan tubuh tidak mampumenangkapnya sehingga menjadi demam, flu, atau bahkan lebih buruk dari itu.

Dalam mekanisme system kekebalan tubuh terdapatAntibodi, yakni zat dalam darah yang diproduksi oleh sel darah yang diproduksi oleh sel darah putih dan berfungsi untuk menyerang kuman. Antibodi terdiri dari protein, disebut immunoglobulin, disingkat ig, suatu serum protein globulin.

Tiap kali ada benda asing yang masuk kedalam tubuh diperlukan 10-14 hari untuk membentuk antibody. Antibodi akan mengahncurkan musuh-musuh penyerbu ( disebut juga antigen ), seperti bakteri dan virus penyebab penyakit, dengan cara mengikatkan diri pada antigen tersebut dan manandai daerah-daerah pada zat asing tempat mereka mengikatkan diri. Selanjutnya pasukan sel-sel limpfosit B (sel-sel antibody yang dihasilakan oleh susmsum tulang belakang) akan dating menghancurkan zat pengganggu tersebut.

Penyimpanan Sisitem Kekebalan Tubuh




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline