Lihat ke Halaman Asli

MBKM Magang D4 Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang di LPI Sabilillah Malang

Diperbarui: 26 Desember 2023   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama setelah kegiatan presentasi (Dokpri)

Mahasiswa Vokasi Jurusan Perpustakaan Digital dari Universitas Negeri Malang selama satu semester yakni dimulai tanggal 28 Agustus 2023 -- 15 Desember 2023 melakukan magang di Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang. Dalam sesi penutupan magang para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan pengalamannya serta pencapaian yang mereka hasilkan  selama kegiatan magang satu semester ini.

Para mahasiswa tersebut adalah : 1. Adinda Ade Khoirunnisa , 2. Annisa Nurul Fathia 3. Mochamad Noval Zulvikar, dan 4.Rihinda Putri W. A. Pangestu. Yang masing-masing dari mahasiswa melakukan kegiatan magang di tempat yang berbeda-beda. Sebab LPI Sabilillah Malang Memiliki empat satuan pendidikan yakni TK, SD, SMP, dan SMA yang masing-masing memiliki perpustakaannya sendiri.

Dari semua satuan yang dimiliki LPI Sabilillah mulai dari tingkat TK hingga SMA, semuanya telah memiliki sistem dalam pengelolaan koleksi perpustakaan secara digital, dan kesemuanya itu saling terpusat dan terhubung satu sama lain. Dengan saling terhubung, sistem tersebut jauh lebih mudah dalam pengorganisasiannya. Namun, karena hal tersebut pula, saat sistem utama terkena musibah berupa peretasan atau hacking yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, masalah yang dihadapi akan dirasakan oleh semua bagian yang ada di bawah sistem tersebut, yaitu hilangnya data sistem sekolah yang juga mencakup data perpustakaan semua satuan dari TK hingga SMA.

Bertepatan dengan kegiatan magang ini para mahasiswa membantu pustakwan dalam menyelesesaikan masalah tersebut, yakni dengan cara menginput ulang data bibliografi yang hilang. Para mahasiswa juga memecahkan masalah apabila kejadian tersebut terulang kembali maka langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memback-up ulang data yang telah di input sebelumnya, oleh sebab itu mahasiswa magang juga melakukan pencadangan data yang dilakukan pada satuan masing-masing.  Selain kegiatan di atas, para mahsiswa magang juga menghasilkan vidio pembelajaran dan juga koleksi foto sejarah beserta deskripsinya. Dan selama kegiatan magang berlangsung peserta magang juga membantu pustakwan dalam melakukan kegiatan kepustakawanan seperti pada umumnya.

Semoga dengan berakhirnya kegiatan magang ini banyak manfaat yang dapat diterima bagi LPI Sabilillah Malang dan khususnya bagi peserta magang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline