Lihat ke Halaman Asli

Rihan Azzuri023

Alhamdulillah

Jenis Limbah yang Menyebabkan Pencemaran Tanah

Diperbarui: 14 Mei 2022   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pencemaran tanah ialah suatu keadaan tanah yang mengandung berbagai cemaran yang bisa berupa bahan kimia buatan manusia dan aneka polutan seperti bakteri atau virus atau kuman dalam kadar yang sangat tinggi sehingga akan membahayakan lingkungan sekitar dan mengubah kondisi alami tanah.

Pencemaran pada tanah tersebut dapat terjadi sebagai akibat adanya kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau dari fasilitas komersial, serta penggunaan pestisida, dan masuknya air permukaan tanah yang tercemar ke dalam lapisan sub permukaan, atau akibat zat kimia, maupun limbah. Serta air limbah dari tempat penimbunan sampah dan juga limbah industri. Limbah-limbah berbahaya tersebut secara langsung dibuang ke tanah tanpa adanya suatu upaya pengolahan terlebih dulu. 

Sebagai dampaknya lalu mencemari tanah juga air di lingkungan sekitar, padahal sebenarnya terdapat syarat tertentu yang harus dipenuhi agar sisa hasil limbah bisa dialirkan keluar. 

Tanah yang telah tercemar bisa membahayakan manusia maupun hewan dan tanaman yang tumbuh di atasnya, bahkan tanah tercemar tersebut juga bisa menguap ke udara, kemudian polutannya mencemari udara di bagian atas tanah tersebut juga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline