Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNTAG Melakukan Pelatihan Meningkatkan Minat Beli Konsumen Menggunakan Katalog Produk

Diperbarui: 16 Juni 2023   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Surabaya, 10 Juni 2023- Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap memasuki semester 6. Pada kegiatan KKN semester ini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan KKN yang berbeda pada 2 tahun belakangan, dimana pada 2 tahun belakangan KKN dilasanakan secara individu di daerahnya masing-masing dikarenakan Covid-19 yang terus meningkat. Pada semester ini dilaksanakannya KKN yang berlokasi di Desa Kedungpeluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo di mulai pada tangal 13 Mei 2023 sampai dengan 18 Juni 2023 dengan mengangkat sub tema "Inovasi Meningkatkan Efektivitas Branding Produk" dengan judul "Pelatihan Meningkatkan Minat Beli Konsumen Menggunakan Katalog Produk".Desa Kedungpeluk merupakan satu-satunya desa pesisir di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Letak Desa ini berada di bagian paling timur Kecamatan Candi. Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Kalipecabean di sebelah barat. Di sebelah utara dan timur, Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Gebang. Sementara di sebelah selatan, Desa Kedungpeluk berbatasan dengan Desa Banjarpanji. Penduduk Desa Kedungpeluk terutama bekerja sebagai petani tambak dengan komoditas utama berupa ikan dan udang air payau. Pekerjaan lain yang juga ditekuni oleh penduduk Desa Kedungpeluk yaitu sebagai pengolah hasil perikanan khususnya bandeng dan pembuatan kerupuk ikan.Berdasarkan hasil survey di lokasi, temuan masalah yang ada di Desa Kedungpeluk ialah kurangnya pemahaman warga bagaimana cara untuk memperkenalkan produk olahan  kepada konsumen baru. Belum adanya Katalog Produk sebagai promosi bisnis produk olahan UMKM dan alat pemasaran  yang efektif pada digital marketing. Maka dari itu pengembangan beanding produk olahan ikan yang akan dipasarkan, dengan membuat katalog produk guna menjadikan daya minat konsumen dan mempermudah pengenalan produk. Hal ini searah dengan kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun 2023 yang mengusung tema" Penguatan Ikon Kampung Berbasis Potensi Lokal ". Maka dari itu cara yang dilakukan untuk membantu mempromosikan UMKM yaitu melalui katalog produk. Pembuatan katalog produk bagi para UMKM guna memperluas pengenalan identitas terhadap konsumen baru. Baik di offline maupun di sosial media.

Selepas berlangsungnya KKN yang dilaksanakan di Desa Kedungpeluk, diharapkan benar-benar bisa menjadi sebuah terobosan dalam mempromosikan UMKM desa dan berdampak positif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline