Lihat ke Halaman Asli

Rifqimaulana

Mahasiswa

Mengenal Dampak Perubahan Iklim dan Upaya Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Diperbarui: 22 November 2023   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

APA ITU PERUBAHAN IKLIM?

Perubahan iklim merupakan salah satu isu yang cukup ramai dibicarakan belakangan ini. Hal ini disebabkan karena dampak perubahan iklim tersebut sudah sangat dirasakan pada setiap aspek-aspek kehidupan manusia.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sumberdaya alam yang cukup melimpah. Namun pada kenyataanya, tingkat kerusakan lingkungan juga cukup tinggi terjadi di Indonesia. Kerusakan lingkungan ini disinyalir berkontribusi menyebabkan terjadinya perubahan iklim belakangan ini. Kecenderungan perubahan iklim di Indonesia oleh ulah dan aktivitas manusia seperti urbanisasi, deforestasi, industrialisasi, dan oleh aktivitas alam seperti pergeseran kontinen, letusan gunung berapi, perubahan orbit bumi terhadap matahari, noda matahari dan El- Nino.

DAMPAK PERUBAHAN IKLIM

Dampak dari perubahan iklim sangatlah signifikan dan luas. Mulai dari cuaca yang susah di prediksi, kenaikan suhu yang signifikan, bencana alam yang sering terjadi bahkan semakin parah karena terjadinyaperubahan iklim ini.Selain itu perubahan iklim ini juga sangat berdampak pada hewan dan tumbuhan, yang sangat bisa membuat kepunahan spesies. Oleh karena itu sangat penting kesadaran kita terhadap lingkungan sekitar agar mencegah perubahan iklim yang begitu signifikan.

TINDAKAN UNTUK MENGURANGI DAMPAK BURUK PERUBAHAN IKLIM

Ada banyak sekali tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi perubahan iklim. Salah satunya  dengan mengurangi penggunaan energi fosil ke energi pembaharuan,contoh nya pengunaan bbm bisa di ganti dengan penggunaan baterai listrik/ dengan menggunakan bio energi yang dihasilkan dari limbah-limbah, kemudian menggunakan sepeda untuk berakvitas sehari-hari, untuk perokok bisa mengurangi porsi rokok, dan menggunakan barang-barang yang bisa di daur ulang seperti kertas agar mengurangi sampah plastik. Nah tindakan-tindakan sederhana tersebut sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim yang baik kedepan nya.

KESIMPULAN

 Dari pembahan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap bumi dan makluk-makluk hidup yang ada, pembahan diatas juga membantu kita memahami apa aja dampak-dampak yang dapat mempengaruhi perubahan iklim.Oleh karena itu, AYO kita tingkatkan lagi kesadaran kita terhadap lingkungan dengan mengurangi kegiatan yang bisa berdampak pada iklim yang ada bumi ini yang tentunya untuk menjaga bumi kita menjadi lebih baik kedepan nya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline