Lihat ke Halaman Asli

rifqi krisdintama

Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Apa Itu Komunikasi Asertif? Bagaimana Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari?

Diperbarui: 15 Januari 2023   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apakah kalian termasuk kedalam tipikal orang tidak enakan? Entah ingin meminta sesuatu kepada orang tua tetapi kita tidak enakan, ingin meminta tolong kepada teman tetapi kita tidak enakan, ingin menolak perminataan teman, tetapi kita tidak enakan, yang pada akhirnya hal tersebut hanya akan membuat diri kita cape dan menghabiskan waktu kita hanya untuk berupaya menghargai perminataan orang lain. Padahal semuanya dapat dikomunikasi dengan baik jika kita tau apa itu komunikasi Asertif.

Apa itu Komunikasi?

            Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita melakukan komunikasi, tanpa adanya komunikasi kita akan sulit untuk berinteraksi satu sama lain. Dari komunikasi inilah yang membentuk hubungan yang baik satu sama lain, seperti hubungan kita dengan teman, hubungan kita dengan orang tua, hubungan kita dengan dosen, dan masih banyak lain. Komunikasi adalah Proses sosial individu, dalam membangun dan menginterpretasikan makna, menurut beberapa ahli, Komunikasi adalah proses menyampaikan pesan kepada orang lain dengan media tertentu, dan nantinya orang yang mendapatkan pesan tersebut akan menimbulkan efek, Contohnya Ketika kita ingin menyampaikan pesan kepada orang lain, pesan kita akan menumbulkan aksi atau respon terhadap komunikan itu sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung

Apa Itu Komunikasi Asertif?

            Jika tadi kita sudah mengetahui Komunikasi, maka apa yang disebut dengan Komunikasi Asertif? Komunikasi Asertif adalah Komunikasi sesau keinginan kita tanpa menjatuhkan harga diri orang lain. Artinya Ketika kita komunikasi, kita menjelaskan apa mau kita kepada orang lain tanpa menjatuhkan harga diri orang tersebut, sehingga dapat terhindar dari Konflik.

            Contoh dari Komunikasi Asertif itu sendiri adalah Ketika kita ingin pergi ke kampus tiba-tiba teman kita meminta untuk nebeng bersama kita, walaupun jauh tetapi tetap saja kita menjemputnya, namun saat itu bensin kita hanya cukup untuk kekampus saja, jika kita paksa untuk jemput teman kita, nantinya kita harus isi bensin terlebih dahulu, kemudian hal apa yang kita lakukan agar kita bisa kekampus bersama teman kita? Sedangkan bensin kita hanya cukup bila kekampus saja, tidak untuk menjemput teman kita? Hal pertama yang kita lakukan adalah mengabari teman kita bahwa kita akan menjemputnya di titik yang sekiranya sama sama menguntungkan, tidak terlalu jauh dari kita, dan tidak terlalu jauh dengan teman kita, kemudian karena bensin kita tipis untuk ke kampus, maka kita lakukan komunikasi asertif dengan teman kita " Eh aku rasa bensin ku tidak cukup deh untuk ke kampus, aku ingin isi bensin dulu ni, kamu mau tidak membantu aku untuk menambahi uang isi bensin aku?" dengan nada yang sopan, tidak meminta dengan tidak sopan, dengan Bahasa yang halus, tanpa menurunkan harga diri dia, Itulah yang disebut dengan Komunikasi Asertif.

           Kemudian bagaimana ciri-ciri Orang yang berprilaku Asertif? Ciri-ciri orang asertif antara lain :

1. Merasa Bebas Mengekspresikan Perasaannya

            Pelaku komunikasi Asertif akan dengan mudah untuk mengekspresikan perasaannya, seperti jika dia tidak suka dengan sesuatu ia akan dengan mudah mengatakan jika dia tidak suka hal tersebut namun dengan etika dan norma yang ada serta tidak menjatuhkan harga diri orang lain.

2. Mengetahui Hak mereka

            Menjaga hak adalah kewajiban setiap orang. Orang yang asertif akan mengetahui hak mereka dan tentu saja menjaga itu, Kapan dia menjalankan Hak nya, kapan dia melindungi hak nya, tidak asal menggunakannya begitu saja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline