Lihat ke Halaman Asli

Muh Rifqi Akmal

Universitas Wahid Hasyim Semarang

The Power Word of Mouth: Pengalaman Seorang Wirausaha Muda Kendal

Diperbarui: 1 Agustus 2022   01:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era saat ini penggunaan digital marketing menjadi salah satu trobosan bagi pelaku usaha untuk mengenalkan dan menawarkan produknya. Digital marketing berdampak cepat dalam penyebaran informasi produk. Selain itu, dapat mengurangi biaya pemasaran yang akan dikeluarkan dibanding dengan pemasaran konvensiaonal. Namun, kenyataannya masih ada satu strategi pemasaran konvensional yang masih eksis dan efektif digunakan ditengah maraknya digital marketing. Word of Mouth atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan getuk tular merupakan strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Strategi pemasaran ini dilakukan secara lisan dari mulut ke mulut.

Word of mouth efektif karena konsumen merasakan secara langsung dan puas dengan produk yang ditawarkan, kemudian merekomendasikannya kepada orang lain lagi. Karena produk yang ditawarkan mendapatkan rekomendasi, pada akhirnya menarik perhatian dari konsumen yang bahkan belum merasakannya.

Strategi pemasaran inilah yang masih diterapkan oleh saudara Shova Musyafaah, pemilik usaha kerupuk kelor yang berasal dari Kendal. Usahanya berdiri sejak 2016 dan masih aktif sampai saat ini. Beliau yang tadinya hanya memiliki 2 orang reseller, karena kekuatan word of mouth ini, sekarang memiliki 30 reseller aktif. Karena hasil dari word of mouth dari reseller dan konsumennya yang loyal, serta produknya memiliki kualitas dan keunikan yang membedakan dengan produk kerupuk yang lain, membuat produknya laris di pasaran. Alasan inilah yang membuatnya tetap bertahan dengan pemasaran word of mouth. Beliau pernah memasarkannya melalui pemasaran digital, akan tetapi tidak seramai ketika produknya direkomendasikan oleh reseller dan konsumenya.

Pasti kalian juga lebih memilih produk yang telah direkomendasikan oleh teman, kerabat atau saudara. Itulah kekuatan word of mouth,yang masih banyak diandalkan oleh para pelaku usaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline