Lihat ke Halaman Asli

Semangat Gerakan Kesadaran Jakarta

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Apa Kabar warga Jakarta yang saya cintai. Semoga selalu dalam keadaan sehat selalu.
Jakarta hari ini, sepertinya sedang banyak mengalami duka dan bencana. Salah satunya karena banjir. Permasalahan yang terus berulang-ulang tanpa ada solusi kongkrit. Jangan dulu salahkan pemerintahnya ya, mungkin semua ini, karena pribadi kita sendiri.

Jakarta yang memiliki luas wilayah 661,52 Km2 dengan jumlah penduduk kurang lebih 10juta, haruslah memiliki satu aturan dan kedisiplinan yang kuat. Belum lagi, menjadi pusat pemerintahan Indonesia dan pusat perputaran uang yang tinggi.

Menopang itu semua, harus ada kesadaran dari kita, sebagai warga Jakarta, baik penduduk asli ataupun pendatang, haruslah bersama sama mengelola Jakarta yang kita cintai ini. Sepertinya harus dibuat suatu gerakan masif, gerakan kesadaran jakarta (GKJ), gerakan yang bisa membuat warga sadar dan turut andil dalam mengubah Jakarta menjadi kota yang kita cintai, kota yang ramah, kota yang nyaman untuk kita tempati.

Jangan terlalu berharap kepada pemimpin, meski itu memang tugasnya, tapi, jadilah kita juga sebagai manusia, yang berperan penuh atas kenyamanan jakarta. Saya yakin, ada banyak komunitas di Jakarta ini, Komunitas berlatar belakang transportasi, lingkungan hidup, gaya hidup, kesehatan dan lainnya. Perlu ada satu gerakan bersama semua komunitas tersebut untuk mendukung semakin baiknya Jakarta dimasa yang akan datang.

Bahkan, dari wadah kompasiana ini, saya yakin, bisa lahirsatu gerakan-gerakan baru untuk lebih menertibkan perilaku menyimpang warga jakarta.

Sederhana saja, kita semua punya gadget dengan kamera yang cukup bagus bukan?

Kita bisa foto berbagai penyimpangan2 Jakarta, dan mengumpulkannya dalam satu album atau file, kemudian bisa kita publikasikan ke masyarakat banyak. Misal penerbos lampu merah atau jalur busway, pembuang sampah sembarangan, dll.

Intinya kita harus berani berbuat demi Jakarta kita ini. Berani bertindak menjadi bagian dari pelopor perubahan. Saya harap pembaca sekalian mempunyai semangat yang sama dengan saya. Bergerak menjadi manusia disiplin, meski kecil kalau dilakukan oleh 5 persen saja warga jakarta, dampaknya akan sangat luar biasa.

Salam, saya Rifkoh Abriani.

Follow @rifkohabriani dan like FanPage FB Hj. Rifkoh Abriani
Hj. Rifkoh Abriani (Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 8)
Caleg Jakarta | Caleg Perempuan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline