Anggota penulis :
Rifki Zulfahmi
Rizky Dwi Saputra
Rafly Rizki Setyawan
1. KUALITAS KURIKULUM DAN RELEVANSI PENGAJARAN 3
Kualitas kurikulum dan relevansi pengajaran di Arab Saudi telah mengalami banyak perubahan dan tantangan dalam beberapa dekade terakhir. Kurikulum pendidikan di Arab Saudi, terutama di bidang pendidikan Islam, sangat berfokus pada penanaman nilai-nilai Islam dan pemahaman mendalam tentang ajaran agama. Struktur pendidikan ini dimulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, dengan fokus utama pada studi Al-Qur'an, hadits, dan studi agama lainnya.
Kurikulum pendidikan umum di Arab Saudi juga telah mengalami reformasi signifikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan modern dan globalisasi. Reformasi ini melibatkan integrasi teknologi, peningkatan kualitas pengajaran, dan penyesuaian dengan standar internasional untuk memastikan relevansi pendidikan dengan pasar kerja global.
Namun, beberapa tantangan masih ada, termasuk kebutuhan untuk menyeimbangkan antara pendidikan tradisional dan modern, serta meningkatkan keterampilan guru dan fasilitas pendidikan untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif dan relevan (JPK JOLN).
Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat merujuk pada jurnal-jurnal yang membahas tentang perkembangan dan implementasi kurikulum di Arab Saudi, seperti yang dipublikasikan di Jurnal Pendidikan dan Keguruan serta Jurnal Tawazaun: Pendidikan Islam.
Referensi :