Lihat ke Halaman Asli

Rifki Alfarez Riantama

Good and Strong Boy | NL

Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur Menciptakan Pola Hidup Sehat di Kampung Tidar

Diperbarui: 1 Maret 2022   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Tangerang, Selasa 1/3/2022 - Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur kelompok M6 melakukan kuliah kerja nyata di Kampung Kampung Tidar Gotong Royong  Jl. Masjid VI, RT.002/RW.004, Sudimara Tim., Kec. Ciledug, Kota Tangerang, Banten. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diikuti Mahasiswa UBL sebagai bentuk nyata dari Pengabdian Kepada Masyarakat yang berupaya mewujudkan pendidikan yang lebih efektif dengan pendidikan nyata yang dialami langsung oleh mahasiswa. 

Tidak hanya pada penguasaan materi dan teori, tetapi juga aplikasi dari teori-teori dan pembelajaran yang didapatkan di bangku perkuliahan dapat diterapkan pada lingkungan masyarakat. 

 Dalam kegiatan yang berlangsung Kelompok M6 selalu menerapkan protokol kesehatan. Tema yang di gunakan dalam kegiatan KKN ini yaitu “Pola Hidup Sehat Di Era Globalisasi Dan Transisi”, Tema ini di ambil sebagai motivasi untuk masyarakat agar tetap melaksanakan pola hidup sehat di era transisi dari pandemi covid-19.

Kegiatan KKN ini dilakukan setiap hari sabtu/minggu yang dilaksanakan kurang lebih 2 bulan dimulai pada tanggal 14 novermber sampai dengan 2 januari, kegiatan yang dilakukan meliputi Pembuatan Hydroponik, Penyuluhan Digitalisasi, Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan, Pembuatan Tempat Sampah, Senam Pagi, Program Sikat Gigi Bersama anak anak dan Penyuluhan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Kelompok KKN M6 mengadakan sosialisasi mengenai kegiatan bercocok tanam media hidroponik pada warga sekitar agar bisa jadi menjadi ketahanan pangan lokal dimasa pandemi. Sebagai pemahaman dengan berhidroponik, masyarakat tidak perlu berbelanja sayuran ke pasar atau pusat perbelanjaan sehingga terhindar dari bahaya penularan Covid-19.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Foto: Dokumentasi Pribadi

Untuk Memanfaatkan tempat yang kosong dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkebun Kelompok M6 memberikan edukasi, jika dengan memanfaatkan lahan kosong diatas kolam ikan lele warga kita bisa membuat hidroponik dimana mempunyai peluang dan manfaat besar untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap anggota keluarga untuk menjadi salah satu solusi menghasilkan tanaman dengan praktis.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Warga kampung Tidar sangat antusias dikarenakan warga sendiri sadar sayuran merupakan makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan , maka dari itu dengan di buatnya hydroponik warga dapat menanam dan panen hasil kebunnya sehingga mendapatkan sayuran segar yang dapat di konsumsi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline