Lihat ke Halaman Asli

rifdatul anisa

panggilan riri

Bantu Laris Jajanan Lokal Pecel Puli Emak di Desa Sanenrejo Melalui Pengembangan Packaging Produk Kekinian

Diperbarui: 1 September 2021   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Program KKN UNEJ BTV III memiliki beberapa topic dalam menjalankan programnya. Salah satu topiknya adalah program pemberdayaan wirausaha masyarakat terdampak covid 19. Lokasi Desa sasaran terletak di Desa Sanenrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. 

Desa ini memiliki potensi bisnis diantaranya dibidang pertanian dan makanan. Desa Sanenrejo merupakan desa yang subur dengan penghasilan masyarakatnya mayoritas sebagai petani. Sasaran pelaku usaha yang dibantu yaitu penjual jajanan lokal pecel puli yang mulai jarang ditemukan. 

Dokpri

Pada masa pandemic masyarakat diharuskan membiasakan diri untuk selalu menerapkan protocol kesehatan. Banyak aktivitas masyarakat yang dibatasi sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat desa, salah satu permasalahannya yaitu pendapatan masyarakat menurun. 

Sasaran keluarga yang akan dibantu dengan program kuliah kerja nyata ini seorang pedagang jajanan lokal masyarakat desa pecel puli. Pecel Puli terbuat dari olahan nasi kemudian dibuat seperti gorengan dan pada saat disajikan dicampur dengan beberapa sayuran dan bumbu pecel. 

Adanya pandemic mempengaruhi pendapatan pelaku usaha menurun. Kurangnya inovasi pengembangan pada produk juga mempengaruhi. Pada program kerja kali ini melakukan sosialisasi pelatihan dan pendampingan memilih packaging jajanan yang kekinian dan menarik sebagai upaya meningkatkan daya minat konsumen untuk segala kalangan.

Pelaksanaan awal dilakukan dengan sosialisasi macam-macam bentuk dan jenis bahan packaging untuk jajan atau makanan yang menarik kepada pelaku usaha, dengan harapan pelaku usaha dapat menganalisis pasar dan meningkatkan daya minat konsumen pada produknya. 

Kemudian dilakukan pendampingan pemilihan packaging yang sesuai dengan produk yang dijual serta dapat menarik perhatian konsumen agar pasar semakin luas. 

Kemudian dilakukan pelatihan merangkai craftbox sebagai packaging produk yang dijual. Diharapkan dengan adanya pengembangan packaging produk dapat meningkatkan pendapatan dan perluasan pasar secara berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline