Lihat ke Halaman Asli

Rifda Izza Nubaila

Mahasiswa Sukses Dunia Akhirat.

Peran Keluarga dan Sekolah dalam Pembentukan Karakter serta Kepribadian Anak

Diperbarui: 1 Desember 2021   06:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A.Madrasah Sebagai Lembaga Sosialisasi dan Pembentukan Karakter

 1.Pengertian Sosialisasi 

Sosialisasi adalah proses interaksi dimana individu yang sedang tumbuh dalam mempelajari kebiasaan,nilai,sikap,menghayati kebudayaan masyarat dilingkungannya, sehingga individu tersebut bisa lebih berkembang lagi, missal yang dulunya masih malu-malu tapi dengan adanya sosialisasi ini anak tersebut akan menjadi terbiasa untuk bisa berinteraksi dan tidak malu-malu lagi, tujuannya agar anak tersebut tumbuh dan berkembang baik dan menjadi mandiri dalam kehidupannya melalui latihan mawas diri yang tepat .

Sosialisasi untuk anak itu sangat diharapkan sebagai bekal kedepannya nanti. Agar anak tersebut bisa berinteraksi dan beradaptasi dengan masyarakat. Di sekolah juga diharapkan anak tersebut bisa menyesuaikan diri serta aturan-aturan yang sudah ditentukan.

Dalam melakukan sosialisasi, kita dapat membentuk sebuah kepribadian yang baik. Karena dilingkungan masyarakat merupakan salah satu tempat untuk melakukan sosialisasi yang tepat. jika lingkungannya baik secara otomatis berpengruh terhadap pembentukan kepribadian yang baik pula. Seperti yang kita ketahui bahwa kepribadian manusia adalah keseluruhan cara dimana seseorang individu dapat berinteraksi dengan individu yang lain.

Beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari sosialisasi adalah Seseorang bisa menjadi anggota masyarakat yang baik, serta seseorang dapat menyesuaikan dirinya sesuai dengan harapan tradisi masyarakat, seseorang akan lebih mengenal jati dirinya sendiri dalam lingkungan sosial nya dan seseorang akan menyadari kelebihanserta kekurangan dirinya terhadap masyarakat disekelilingnya.

Pentingnya sosialisasi dalam kehidupan semua orang didunia ini tidak akan bisa tanpa adanya orang lain berkomunikasi dan interaksi. Dan sosialisasi ini juga bisa digunakan sebagai sarana belajar bagaimana cara menyesuaikan diri dan menyesuaikan orang lain.

2. Proses Sosialisasi 

Proses sosialisasi ini diperoleh dari suatu kemampuan berperilaku yang benar sesuai dengan ajaran sosial. Dan sosialisasi ini membutuhkan beberapa proses,yaitu :

a) Menerapkan nilai social yang dapat diterima setiap kelompok mempunyai tradisi dan kebiasaan yang telah ditentukan oleh para anggotanya/masyarakat.Perkembangan sikap sosial dalam bermasyarakat atau bergaul secara baik diperlukan adanya intropeksi diri terhadap orang lain. Dan berusaha menggunakan kontak social dengan mereka.

b) Belajar berperilaku yang bisa diterima secara social setiap kelompok social mempunyai standar bagi anggotanya untuk dapat diterima,dan harus mampu untuk menepatkan perilaku dengan patokan yang dapat diterima.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline