Lihat ke Halaman Asli

Rifatul Q

Mahasiswa

Urgensi Integrasi Nasional

Diperbarui: 26 Oktober 2023   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Urgensi integrasi nasional

Urgensi integrasi nasional adalah terwujudnya jati diri bersama, terciptanya persatuan, keutuhan wilayah, dan penguatan jati diri bangsa.
* Membangun urgensi integrasi nasional adalah suatu hal  yang penting. Sama halnya dengan Indonesia, model integrasi bertujuan untuk membentuk satu kesatuan blok baru, khususnya bangsa Indonesia, yang mandiri dan nasionalis.

Dalam upaya membangun integrasi nasional, Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan. Tantangan tersebut muncul dari dimensi vertikal dan horizontal.

Dalam kehidupan berbangsa kita selalu dihadapkan pada berbagai upaya untuk menyatukan keberagaman yang ada. mengedepankan semangat solidaritas dan persatuan untuk  kesejahteraan nasional. Pembentukan suatu bangsa memerlukan kesatuan dalam bangsa, yang disebut integrasi nasional. Menurut Saafroedin, integrasi nasional adalah upaya menyatukan seluruh elemen bangsa dengan pemerintahan dan wilayahnya.

**Membangun integrasi nasional adalah suatu hal yang penting.Sama halnya dengan Indonesia, model integrasi bertujuan untuk membentuk satu kesatuan blok baru, khususnya bangsa Indonesia, yang mandiri dan nasionalis.

* Dalam upaya membangun integrasi nasional, Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan. Tantangan tersebut berasal dari dimensi vertikal dan horizontal. Pada dimensi vertikal tantangannya terletak pada kesenjangan antara elite dan massa, elite mempunyai kecenderungan berpikir modern dibandingkan dengan massa tradisional, namun pada dimensi horizontal permasalahan yang muncul biasanya disebabkan oleh perbedaan suku, ras, agama dan demografi. Tantangan lain yang sering muncul dalam masyarakat Indonesia adalah primitivisme. Selain itu, kesenjangan yang besar dan pembangunan yang tidak merata menimbulkan  ketidakpuasan di kalangan kelompok tertentu.

 * Urgensi integrasi nasional adalah untuk menciptakan kesadaran akan jati diri bersama, membangun persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkuat jati diri bangsa.
 1.Sejarah Pembangunan Terpadu di Indonesia

Menurut Suroyo (2002), ternyata sejarah menjelaskan bahwa negara kita melalui proses pembangunan terpadu sebelum menjadi negara Indonesia merdeka. 

Menurutnya, ada tiga model integrasi dalam sejarah perkembangan integrasi di Indonesia, yaitu
 1) model integrasi Kerajaan Majapahit.
 2) model integrasi kolonial dan
 3) model integrasi nasional Model  +Terpadu Kerajaan Majapahit

Model terintegrasi pertama adalah Kerajaan Majapahit. Struktur kerajaan yang luas ini memiliki struktur yang konsentris.Dimulai dari wilayah konsentris yang pertama yaitu wilayah pusat kerajaan (nagaragung) di pulau Jawa dan Madura yang dipimpin langsung oleh raja dan saudaranya, Zona konsentris kedua meliputi wilayah di luar Jawa (mancanegara dan pasisiran) yang merupakan kerajaan otonom. Konsentrisitas ketiga (Tanah Sabrang) berkaitan dengan negara sahabat yang pernah menjalin hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Majapahit.

+ Sebuah model integrasi kolonial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline