Lihat ke Halaman Asli

Guna Meningkatkan Ekonomi, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Bantu Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) di Desa Gambirmanis

Diperbarui: 13 Februari 2023   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Pendataan untuk Pendaftaran NIB/Dokpri

Desa Gambirmanis, Kabupaten Wonogiri (27/01). Pemerintah Kabupaten Wonogiri bekerjasama dengan mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 untuk melakukan pendataan NIB (Nomor Induk Berusaha) untuk Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

NIB sendiri merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga Online Single Submission (OSS). Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. Pelaksanaan program ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha UMK segera mendaftarkan NIB dan menjadi sadar betapa pentingnya mendaftarkan usaha.

Dalam menjalankan program pendaftaran NIB, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 bekerjasama dengan perangkat Desa Gambirmanis beserta kepala dusun, ketua RT, dan Ketua RW yang ada. Dalam mengumpulkan data -- data yang diperlukan, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 berkoordinasi dengan kepala dusun, ketua RT, dan ketua RW yang dilakukan dengan bertemu langsung dengan pihak -- pihak terkait.

Setelah data yang diperlukan terkumpul, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mendaftarkan akun OSS terlebih dahulu dan selanjutnya mendaftarkan NIB menggunakan data -- data yang ada. 

Namun dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa kendala, yaitu masih sulitnya jaringan internet di Desa Gambirmanis yang membuat penginputan data ke OSS dan pendaftaran NIB sering gagal dilakukan, sehingga dalam pengerjaannya tidak bisa langsung saat bertemu dengan pihak -- pihak terkait, tetapi harus mencari tempat yang memiliki jaringan internet terlebih dahulu.

Kendala lainnya adalah program pendaftaran NIB ini bertepatan dengan musim panen sehingga proses pendataan hanya dapat dilaksanakan pada malam hari. Selain itu juga terdapat beberapa data yang ketika didaftarkan pada OSS tidak terdeteksi yang membuat tidak bisanya untuk dilakukannya pendaftaran NIB.

Dari data yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa mayoritas penduduk Desa Gambirmanis memiliki mata pencaharian sebagai petani dan peternak.

Sejalan dengan tujuan NIB sendiri, dengan adanya pendataan ini para pemilik UMK diharapkan dapat mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan; mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha; mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non-bank; dan mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari Pemerintah, Pemerintah daerah atau lembaga lainnya.

Proses Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB)/Dokpri

Menurut penuturan Rifat, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 yang memasukkan kegiatan pendataan dan pendaftaran NIB di Desa Gambirmanis sebagai salah satu program kerjanya, "Meskipun dalam proses pelaksanaan pendataan dan pendaftaran NIB terdapat beberapa kendala, namun pada akhirnya kegiatan dapat terlaksan dengan baik dan kendala yang ada dapat diatasi, dan pada akhirnya data NIB berhasil diinput dan didaftarkan".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline