Lihat ke Halaman Asli

MRIFAT ALMUZHAFFAR

Mahasiswa S1

Jogja Memang Surganya Cardio! Suasana dan Tempatnya Sangat Uwlalaaa...

Diperbarui: 30 Juni 2024   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kamu mahasiswa? Ngerasa gendut? Udah tua? Pengangguran? Atlet tapi malas gerak? Hei, lari itu bukan cuma buat ngurangin berat badan, lho! Saat lari, kamu juga bikin otot jantungmu makin kuat. Plus, banyak orang lari buat pelarian dari masalah---terutama masalah cinta. Jadi, yuk, mulai lari! Siapa tahu kamu bisa kabur dari mantan atau malah ketemu gebetan baru di jalan!

Selain lari, cardio yang bisa dilakukan salah satunya adalah skipping. Bermain skipping bukan hanya melompat saja melainkan juga melibatkan banyak otot tubuh, termasuk kaki, lengan, bahu, dan inti tubuh. Ini membantu dalam membangun kekuatan otot dan meningkatkan koordinasi serta keseimbangan. Dengan melakukan variasi gerakan, seperti melompat dengan satu kaki atau melompat dengan dua kaki, kamu dapat membuat target untuk berbagai otot tubuh.

Yang tidak kalah pentingnya, bermain skipping adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu di luar ruangan atau di dalam ruangan, yaa walaupun kita sedang membahas beberapa spot outdoor sih! Kamu dapat melakukannya sendiri atau ajak bisa teman-teman biar aktivitas sosial menjadi lebih menyenangkan.

Tentu! Memang benar, olahraga seperti lari dan skipping tidak hanya bikin berat badan terjaga, tapi juga punya segudang manfaat buat kesehatan fisik dan mental. Apalagi di sekitar Jogja, ada banyak spot keren buat cardio. Bayangin deh, lari atau skipping di tempat-tempat seru, sambil menikmati pemandangan. Plus, siapa tahu kamu bisa cuci mata atau ketemu gebetan baru di sana! Jadi, yuk, keluar dan mulai gerak!

STADION

Siapa sih yang nggak nyadar kalo stadion itu memang cocok untuk tempat berolahraga. Selain tempatnya rame, di stadion sudah pasti minim polusi kendaraan, di Jogja memiiki beberapa stadion yang tersebar. Nih! bagi kalian yang baru di Jogja dan mau jogging tapi ngerasa jauh dari stadion A misalnya, coba dicek terlebih dahulu, mana tahu  di daerah tempat tinggal kalian teryata ada stadion juga. Berikut beberapa stadion yang cocok untuk kalian cardio!

         SSA (Stadion Sultan Agung)

Mungkin stadion ini belum sering terdengar di telinga kalian yang sering melalaikan adzan itu, padahal stadion ini juga bagus untuk untuk berolahraga, stadion ini terletak di Pacar Sewon, tepatnya di jalan Sultan Agung, Ponggok II, Trimulyo, Kec Jetis, Kab Bantul.

Saat saya berolahraga disana saya langsung jatuh cinta dengan stadion ini karena memiliki beberapa kelebihan tersendiri, diantaranya :

  • Ada arena berkuda
  • Setelah  berlari, jika beruntung kamu bisa melihat balapan kuda dan terkadang ada juga kontes kecantikan kuda. Nah, disana juga dapat melihat kuda poni yang imut-imut banget. Siapa tahu, kamu bisa dapet hiburan ekstra sambil cuci mata lihat kuda-kuda manis beraksi!
  • Track lari yang luas
  • Tentu saja, ini yang paling diincar saat berlari di sini! Kalau kalian lagi pengen ningkatin pace lari atau butuh tempat luas buat lepas bebas, stadion ini tempatnya. Tidak hanya buat keringetan, tapi juga bisa sambil menikmati pemandangan.
  • Stadion MANDALIKA (Mandala Krida)

Nah, siapa sih yang tidak tahu dengan stadion yang satu ini? Stadion yang sering digunakan untuk tempat konser tentu jadi stadion ini sudah sangat terkenal di Jogja. Lokasinya terletak di jalan Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Stadion Mandala ini menjadi yang terdekat dari tempat tinggal saya setelah saya pindah kos. Disini juga tak mungkin tak punya kelebihan tersendiri, berikut kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika olahraga disini!

  • Lokasi strategis
  • Untuk kamu mahasiswa yang sedang kuliah di Jogja dan kampusnya itu di dalam Ringroad, tentu stadion ini cocok buat kamu!

    Banyak kenalan

  • Nah, berkat lokasinya yang strategis, stadion ini jadi ajang sosialisasi yang oke banget. Bisa jadi kamu berpeluang lebih tinggi ketemu kenalan di sini. Siapa tahu, mungkin kamu bisa dapet nomor HP sambil lari mengelilingi stadion!
  • Banyak komunitas
  • Di sini, bukan cuma olahraga yang jadi sorotan, tapi juga kesempatan buat bergabung dengan komunitas. Kalau kamu bisa unjuk kebolehan di sini, siapa tahu kamu bakal dilirik sama komunitas-komunitas keren di sana. Jadi, jangan cuma fokus lari ya!
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline