Lihat ke Halaman Asli

Organisasi Kampus Saat Pandemi Covid-19

Diperbarui: 14 Januari 2021   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

swadayaonline.com

Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) telah mempengaruhi dan mengubah banyak hal dalam setiap kehidupan manusia , salah satu yang berubah karena Covid-19 ini adalah pola komunikasinya yang berubah , sebelum pandemi melanda kita biasanya berkomunikasi secara langsung atau face to face , tetapi setalah pandemi melanda kita melakukan proses komunikasi menggunakan berbagai media secara online dalam jaringan , karena untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Pandemi Covid-19 bukan hanya menyusahkan masyarakat dan para pegawai , namun Pandemi ini juga berdampak pada segala kegiatan perkuliahan termasuk kegiatan organisasi intra kampus maupun organisasi ekstra kampus. Sebelum pandemi menyerang , organisasi kampus banyak menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai hanya sekedar diskusi hingga membuat acara seperti seminar dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan sebelum pandemi terjadi.

Diskusi merupakan hal yang paling sederhana dalam kumpulan organisasi karena berdiskusi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja , berbagai hal bisa di bicarakan selama diskusi organisasi mulai dari masalah internal organisasi itu sendiri maupun masalah eksternal organisasi maupun membahas hal hal yang sedang hangat terjadi agar tidak ada kebingungan informasi.

Acara yang di lakukan sebelum pandemi juga banyak dilakukan misalnya bisa berupa Seminar  seminar ilmiah , dengan banyak mengundang narasumber narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing, serta para mahasiswanya sebagai panitia pelaksana acara , sehingga dengan di berlakukannya Belajar di rumah membuat banyak acara yang tersendat dan tidak terlaksana sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini karena masih pandemi dan juga tidak mendapat izin keramaian dari pihak yang berwenang dan pihak otoritas kampusnya sendiri karena di nilai dapat membuat klaster Covid-19 baru.

Rencana acara yang sudah di susun jauh jauh hari menjadi sia sia sebab tidak dapat terlaksana dengan berbagai macam kendala selama pandemi ini , rencana untuk membuat acara yang meriah seketika sirna ketika pengumuman Covid-19 merebak di Indonesia dan banyaknya kasus infeksi Covid-19 membuat sebagian kota yang zona merah mulai menutup akses untuk di masuki masyarakat dari luar untuk menghindari lebih banyak kasus yang terjadi.

Sejak saat ini segala kegiatan dalam organisasi mendadak 'lumpuh' karena segala yang sudah direncanakan dengan baik dan matang tapi dapat terlaksana dengan baik , sehingga anggota organisasi kampus harus memutar otak agar upaya yang dilakukan selama ini tidak terlalu sia sia , akhirnya saat ini banyak organisasi kampus yang melaksanakan kegiatannya dengan cara online melalui berbagai platform meeting online misalnya Zoom , Google Meet , Webex maupun Skype.

Manfaat dari seminar online antara lain adalah menghemat pengeluaran , karena hanya di pergunakan untuk pembelian kuota dan mengundang narasumber atau pembicara saja , seminar online juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tetapi harus terhubung dengan internet , waktu yang digunakan untuk seminar online juga fleksibel.

Sehingga banyak acara yang terlaksana secara online , walaupun dengan berbagai masalah yang harus di hadapi selama acara berlangsung , kendala jaringan adalah satu dari puluhan masalah yang sering terjadi selama acara seminar online berlangsung , tetapi harusnya tak mengurangi esensi dari seminar yang terdapat banyak ilmu di bagikan selama kegiatan berlangsung.

Virtualisasi acara seminar tersebut memang lebih efisiens namun feel yang dirasakan kurang , karena tidak bertemu secara langsung mengakibatkan keterikatan atau keterjalinan antara pembicara dan peserta kurang baik karena ada jarak dan juga interaksi antara narasumber dan peserta tidak bisa sedekat saat seminar offline. Semoga pandemi ini segara berakhir dengan segala kesusahannya yang menimpa orang banyak , dan juga kita semua dapat beraktifitas seperti sebelum pandemi menyerang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline