Lihat ke Halaman Asli

Santapan Adit

Diperbarui: 13 Mei 2019   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber ilustrasi : www.pantiasuhandarulfarrroh.blogspot.com

Setelah shalat maghrib, anak-anak Panti Asuhan Kasih Ibu berkumpul di rumah Haji Senen. Haji Senen sedang ada hajatan, dan akan memberikan santapan besar untuk anak-anak panti asuhan.

Adit, salah seorang anak panti asuhan, bukan main senangnya. Sejak sore dia sudah mengosongkan perut. Dia ingin makan sepuasnya. Kapan lagi bisa makan enak kalau bukan di tempat hajatan.

"Kita harus sopan. Jangan ada yang rebutan makanan! Itu malu-maluin panti asuhan kita," kata Kak Fikri saat mereka menuju rumah Haji Senen. Anak-anak itu, termasuk Adit, langsung mengangguk setuju.

Tapi saat mulai hajatan, mata Adit jelalatan terus melihat meja hidangan. Membaca fatiha saja lidahnya tak lagi lurus. Beberapa kali Ijon yang duduk di sebelahnya menyenggol, tetap saja Adit tak sadar. Air liurnyamenetes bertetes-tetes.

Selesai doa, Haji Senen mempersilahkan tamu mencicipi hidangan. Adit punlangsung menghambur. Dia menyelinap di antara antrian Pak Ustadz dan Pak Lurah. Kak Fikri hanya bisa menggeleng-geleng kesal melihat tingkahanak didiknya itu. Untung saja Pak Ustadz dan Pak Lurah hanya tersenyum geli.

Nah, ini dia musuh Adit! Sehidangan besar rendang daging membuat matanya melotot. Tambah melotot lagi melihat potongan daging rendang yang paling desar. Diam-diam dia mengambil dan menanam potongan dagingraksasa itu di dalam nasinya. Lalu dia mengambil lagi sepotong daging berukuran kecil.

Adit kemudian duduk di sebelah Ijon yang tetap sabar menunggu giliran. Kata Ijon, "Tumben sekali, Adit. Laukmu hanya sepotong rendang. Biasanya sampai tiga potong. Tapi, nasimu tetap segunung."

"Huh!" Sikut Adit. Ijon langsung berdiri melanjutkan antrian yang mulai jarang.

Tadi, Adit memang hendak menambah lauk sepotong paha ayam goreng. Tapi tumpukan nasinya terlalu tinggi. Dia menyabar-nyabarkan hati karena daging raksasa itu. Nanti daging itu diam-diam dibalut kertas tisu, lalu akan dimakannya saat di panti asuhan.

Setelah seluruh anak panti asuhan makan dan mendapat masing-masing satu amplop berisi uang, maka selesailah hajatan Haji Senen. Adit yang mengantongi daging raksasa, tersenyum riang. Kak Fikri, Ijon dan teman-teman lainnya sampai tersenyum heran. Biasanya setiap kali selesai makan di hajatan siapa saja, bukan wajah riang yang ditunjukkan Adit. Melainkan wajah meringis karena kekenyangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline