Lihat ke Halaman Asli

Tugas Menulis 2: Teks Deskripsi Ekspositori "Kucing Bernama Kudaga"

Diperbarui: 15 Maret 2023   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Di rumahku terdapat kucing yang bernama Kudaga. Nama Kudaga memiliki arti yaitu Kuat dan Bertenaga. Kudaga adalah satu-satunya kucing yang ada di warungku. Sudah hampir 3 tahun Kudaga berada di warungku. Ia memiliki 4 orang anak yang di mana anak-anaknya selalu mati dalam keadaan mengejutkan. Kudaga sering kali berkelahi dengan kucing lain, karena ia sangat cemburu apabila ada kucing lain yang datang ke warungku.

Kudaga memiliki 3 anak yang di mana anak-anaknya sudah mati semua. Kematian anak-anaknya sangat mengejutkan. Anak yang pertama mati karena terhimpit badan Kudaga. Anak yang kedua mati ketika baru lahir, dan anak yang ketiga mati karena dimakan oleh Kudaga.

Kudaga memiliki kebiasaan yang terbilang unik, yaitu menyapa orang yang datang untuk membeli. Biasanya Kudaga melakukan hal tersebut ketika ia dalam keadaan setelah makan.

Selain itu, Kudaga juga sering kali menghampiriku ketika aku pulang dari kampus. Kudaga melakukan itu karena ia sangat suka dibelai. Kudaga akan memberi kode jika ia ingin dibelai dengan cara memutar-mutar di kaki. Setelah dibelai biasanya Kudaga akan mendengkur dan meliuk.

Makanan kesukaan Kudaga adalah ikan tongkol. Kudaga tidak akan makan jika makanan yang disajikan bukan tongkol. Pernah suatu ketika aku membelikan makanan kucing pada umumnya, Kudaga menolaknya.

Kudaga memiliki tubuh yang sangat terbilang kurus, karena ia tidak mau makan makanan yang bergizi yang diberikan kucing rumahan pada umumnya.

Kudaga juga memiliki ahli dalam menangkap tikus. Kudaga sering kali ditugaskan oleh ayah untuk menjaga keluar-masuknya tikus. Biasanya Kudaga didampingi oleh bola mainan kesayangannya. Kepekaan Kudaga sangat bagus. Pernah suatu ketika, Kudaga menangkap 2 tikus sekaligus dalam 1 malam.

Kebiasaan Kudaga pada siang hari adalah tidur. Ia akan menjadi aktif pada saat malam hari. Kebiasaan dia saat tidur adalah mendengkur dan berpose seperti atlet balet. Pada malam hari biasanya jam 9 ia mulai berada di depan pintu warung, untuk menjaga warungku  dari tikus yang lalu-lalang keluar-masuk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline