Lihat ke Halaman Asli

Student Day Universitas Muhammadiyah Malang

Diperbarui: 28 Juli 2024   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kampus yang sering disebut dengan kampus putih jas merah yaitu Universitas Muhammadiyah Malang beralamat di Jl. Raya Tlogomas No.246, Babatan, Tegalgondo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144. Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai progam yang disebut dengan Student Day. Progam Student Day menjadi tahapan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Malang. Student Day ini berisikan sejumlah kegiatan bakat dan peminatan bagi mahasiswa. Selanjutnya, bakat dan minat tersebut akan diwadahi serta dikembangkan di masa perkuliahan. Mahasiswa memiliki banyak kesempatan  untuk mengembangkan kemampuan akademik, minat, dan bakatnya di universitas Muhammadiyah Malang. Untuk itu Universitas Muhammadiyah Malang harus memberikan perhatian khusus  dalam menilai capaian kemampuan akademik, minat, dan bakat  mahasiswa.Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyikapinya secara proaktif dan antusias  dengan menggelar student day pada hari Sabtu. Pada hari ini mahasiswa melakukan kegiatan secara mandiri  dan gotong royong dalam berbagai bidang seperti agama, minat, bakat, profesi, dan budaya sebagai wujud realisasi dan pengembangan diri. Setiap hari sabtu kegiatan akademik akan diliburkan sementara karena diganti dengan kegiatan Student Day. Penyelenggaraan Student Day di Universitas Muhammadiyah Malang dimulai pada tahun 1992. Namun pelaksanaannya berbeda-beda setiap tahunnya, dengan mempertimbangkan evaluasi dan arah ke depan. Lebih lanjut, konsep Student Day juga disesuaikan dengan perkembangan terkini dari segi pola dan materi yang ditawarkan. Masing-masing fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang akan mengadakan Student Day yang isi kegiatannya berbeda-beda sesuai dengan kebijakan masing-masing fakultas yang ada.

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang juga mengadakan Student Day di setiap hari sabtu. Student Day Fakultas Psikologi diawali dengan pembukaan yang diadakan di aula GKB 4, pembukaan tersebut menampilkan perwakilan masing-masing kelas peminatan Student Day tahun sebelumnya. Acara pembukaan tersebut juga sekaligus sebagai pengenalan masing-masing kelas peminatan yang ada di Student Day Fakultas Psikologi, jadi mahasiswi baru dapat mempunyai bayangan bagaimana kelas peminatan yang akan diikuti. Student Day ini akan dibimbing oleh kakak tingkat yang menjadi panitia. Panitia Student ini terdiri dari ketupel, waketupel, acara, PDD, kesekretariatan, sekertaris, humas, bendahara, korlap, pendamping dan logistik. Yang akan mendampingi maba untuk kelas student day yaitu panitia pendamping. Student Day fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah memiliki banyak kelas peminatan, spesifiknya yaitu ada 4 (empat). Kelas peminatan Student Day Fakultas psikologi yang terdiri dari creative class, communication class, critical thinking class, dan colaboration class. Masing-masing kelas peminatan tersebut masih dibagi menjadi beberapa kategori. Creative class terdiri dari seni suara, seni tari, videografi, desain grafis, tilawah dan teater. Communication class terdiri dari public speaking, entrepreneurship dan da'i. Critical thinking class terdiri dari debat bahasa, content creator,  dan kepenulisan ilmiah.  Kemudian ada colaboration class yang terdiri dari basket, volly, badminton, futsal, dan E-sport. Masing-masing kategori kelas peminatan akan dibimbing oleh kakak pendamping serta pemateri yang akan memberikan materi tentang peminatan yang diambil. Pembagian kelas peminatan Student Day dilakukan dengan cara mengisi google form. Mahasiswa baru akan mengisi google form lalu akan mengisi tiga kategori kelas peminatan yang diinginkan, kemudian akan dilakukan penyeleksian oleh panitia sehingga terdapat pembagian kelas dari masing-masing kategori kelas peminatan. Di akhir pertemuan kelas Student Day akan dilaksanakan penilaian sebagai nilai akhir dari kegiatan Stuudent Day. Nilai itu akan menjadi syarat lulus dalam Student Day Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Setelah menjalani Student Day maka akan diadakan psychoforia sebagai tanda berakhirnya Student Day Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Psychoforia berisi tentang penampilan dari masing-masing kategori kelas peminatan. Berakhirnya Student Day Fakultas Psikologi juga ditandai oleh mahasiswa baru yang mendapatkan sertifikat sebagai tanda kelulusan telah mengikuti Student Day Fakultas Psikologi.

Saya sendiri di Student Day Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang mengikuti seni tari. Seni tari ini diikuti kira-kira kurang lebih sekitar 20 mahasiswi. Di seni tari kita akan diberikan materi tentang dasar-dasar tarian dan lainnya. Mahasiswi yang menggikuti seni tari akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang satu kelompoknya terdiri dari 5-6 anak. Masing-masing kelompok ini akan disuruh untuk mencari musik dan tarian yang akan dipelajari. Setiap kelompok juga akan membentuk dan menentukan pola lantai yang akan dipakai untuk menari. Tarian yang akan dipilihan yaitu tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti tari Saman dari Aceh, tari Kecak dari Bali, dan tari Remo dari Jawa Timur. Selain itu, setiap kelompok boleh juga menampilkan karya tari kreasi baru yang terinspirasi dari budaya lokal.  Di seni tari kita diharapkan untuk berkreativitas dengan memadukan musik dan tarian sehingga menjadi penampilan tari yang indah. Setiap hari sabtu kita akan latihan menari di gazebo atau di depan GKB 4 dengan didampingi kakak pendamping dan dikoreksi dengan kakak pemateri. Setiap tarian yang ingin ditampilkan harus memiliki arti yang bermakna sehingga penonton dapat mengetahui apa makna tarian tersebut. Di pertemuan minggu terakhir Student Day Fakultas Psikologi seni tari akan mengadakan pertunjukan tari untuk pengambilan nilai yang digunakan sebagai syarat lulus dari Student Day Fakultas PSikologi. Penampilan seni tari berdampingan dengan teater sehingga banyak yang melihat pertunjukan seni tari tersebut. Melalui kelas peminatan seni tari ini mahasiswa dapat mengekspresikan diri, mengasah kemampuan, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline