Lihat ke Halaman Asli

M. sides

Mahasiswa

Seni Rupa Grafis Menghasilkan Pembelajaran Kreativitas Tanpa Batas

Diperbarui: 16 November 2023   13:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

teknoalata.com

   

Grafis itu apa sih?

Seni rupa grafis merupakan seni rupa yang masuk ke dalam karya seni rupa dwimatra, yang dimana karya seni tersebut biasa di gunakan untuk menampilkan sebuah ide dan juga emosi seseorang. Di dalam pembuatannya tersendiri seni ini akan dilakukan dengan teknik cetak seperti cetak sablon dan sebagainya.
Di indonesia sendiri seni grafis mudah di temukan di berbagai lingkungan.  

Pengertian

Seni rupa grafis adalah seni dua dimensi yang bisa di ciptakan dengan menggunakan teknik cetak. Biasanya seni ini akan di aplikasikan ke dalam sebuah kertas untuk sebuah hasil karya yang di buat oleh seseorang. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan di era modern saat ini bisa di aplikasikan ke dalam media lain selain kertas itu sendiri. Secara etimologi grafis berasal dari bahasa yunani yaitu graphien yang berarti menulis atau menggambar.
Kaya seni saat ini dapat ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari contohnya ialah poster, banner dan lain sebagainya.

Jenis-jenis seni grafis

1. Cetak tinggi ( relief )
Teknik cetak  yang menghasilkan gambar dari bagian yang menonjol, tapi bagian yang rendah tidak terkena oleh tinta. Contohnya adalah stempel dan cap yang di gunakan dalam pembuatan batik.

2. Cetak  dalam ( intaglio print )
Pemanfaatan permukaan bagian dalam dari plat cetak yang di goreskan. Pada permukaannya di lapisi oleh serbuk resin kemudian diberi  larutan asam nitrat. Permukaan plat yang terkena tinta adalah sisi yang menjolok kedalam.

3. Cetak datar
Alat cetak datar yang dimana suatu gambar atau non gambar berada di posisi / ketinggian yang sama.

4. Cetak saring
Teknik ini sering di kenal sebagai kata sablon, bahan yang biasa di gunakan adalah nilon atau sutera. Cetakan ini biasa di gunakan untuk mencetak gambar atau tulisan di berbagai media seperti kaos, kain spanduk plastik dan lain sebagainya.

5. Cetak digital
Seiring perkembangan zaman, seni grafis sudah masuk ke dunia digital. Dengan adanya bantuan dari perangkat modern dapat menghasilkan karya yang waktu pengerjaannya cepat. Hasil cetakannya bisa di lihat secara langsung.


Contoh seni grafis

Pada era saat ini sebuah seni grafis banyak di temukan di berbagai lingkungan baik itu di lingkungan masyarakat, sekolah, kampus, rumah kesehatan dan tempat- tempat lainnya.
Seiring perkembangannya teknologi seni grafis juga dapat dilihat di perangkat media seperti hp, laptop dan lain sebagainya. Adapun beberapa contoh dari seni grafis adalah  :

1. Poster
2. Banner
3. Sablon
4. Stempel

Manfaat belajar grafis

Bejalar seni grafis tidak hanya untuk mereka yang sudah ahli dalam pembuatan karya grafis, seni grafis ini bisa di pelajari oleh berbagai kalangan seperti anak sekolah, masyarakat, mahasiswa dan kaum awam sekalipun.
Mereka yang tertarik dengan seni grafis akan menghasilkan ide yang luar biasa. misalnya, jika kamu adalah pelajar atau mahasiswa dan ingin mencari penghasilan tambahan maka dengan adanya jiwa seni ini dapat mewujudkannya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline