Lihat ke Halaman Asli

Tahapan dan Indikator Perkembangan Motorik Kasar

Diperbarui: 9 Juni 2024   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan motorik anak yang pesat memerlukan peningkatan kapasitas gerakan , sehingga memerlukan penggunaan tabung yang lebih besar atau beberapa . Pengembangan memerlukan peningkatan kapasitas gerakan , yang memerlukan penggunaan tabung yang lebih besar atau lebih . Perkembangan keterampilan motorik pada anak seringkali terdiri dari beberapa aspek seperti keseimbangan , koordinasi, pembelajaran, dan pertumbuhan.pada anak seringkali terdiri dari beberapa aspek seperti keseimbangan , koordinasi, pembelajaran, dan pertumbuhan. Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan motorik kasar anak antara lain perkembangan sistem syaraf anak, kondisi fisik atau tubuh, motivasi anak, lingkungan yang mendukung, aspek psikologis, usia, dan jenis kelamin.

Proses berkembangnya kemampuan motorik anak dapat dibantu dengan pola makan yang sehat , lingkungan , dan kebiasaan tidur Keterampilan motorik erat kaitannya dengan kemampuan mereka menggunakan sebagian besar tubuhnya , seperti kaki dan lengan .

Penting untuk memberikan stimulasi yang tepat bagi perkembangan motorik anak karena kemampuan motoriknya dapat mempengaruhi kehidupannya sehari - hari. penting untuk disediakanstimulasi yang tepat untuk perkembangan motorik anak karena kemampuan motoriknya dapat mempengaruhi kehidupannya sehari - hari . 

Anak yang memiliki kemampuan motorik yang baik keterampilan motorikakan lebih mudah untuk berkeliling , bermain, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya .akan lebih mudah untuk berkeliling , bermain, dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya . Oleh ini ,itu ini penting untukorang tua dan pendidik untuk memberikan perhatian lebih terhadap perkembangan motorik anak .orang tua dan pendidik agar lebih memberikan perhatian terhadap perkembangan motorik anak .

Menurut Rahyubi, perkembangan motorik kasar anak dipengaruhi oleh tujuh faktor utama, yaitu perkembangan sistem syaraf anak, kondisi fisik atau tubuh, motivasi anak, lingkungan yang mendukung, aspek psikologis, usia, dan jenis kelamin. Selain itu, ada juga yang menyatakan bahwa kemampuan motorik kasar anak berkaitan dengan kemampuan anak dalam menggerakkan bagian tubuh yang besar, seperti tangan dan kaki. 

Perkembangan keterampilan motorik kasar tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik saja , namun juga dapat ditingkatkan dengan lingkungan dan pola makan yang sehat tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik saja , namun juga dapat ditingkatkanlingkungan dan pola makan yang sehat. Motorik kasar terdiri dari aspek keseimbangan, kekuatan, koordinasi, kelincahan, dan kelentukan.

Selain itu, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini juga menetapkan indikator perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun, seperti melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi, melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan, serta melakukan permainan fisik dengan aturan.

Tahapan perkembangan motorik kasar pada anak usia dini terdiri dari beberapa fase sebagai berikut :

1. 2-3 tahun : 

Berjalan sambil berjinjit

Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline