Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Potensi Desa Wisata Kebondowo melalui Digitalisasi Berbasis Website

Diperbarui: 15 Agustus 2023   17:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Semarang, 26 Juli 2023 - Dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat, digitalisasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dari Universitas Diponegoro telah berhasil menciptakan tonggak sejarah dalam bentuk digitalisasi melalui sebuah proyek website inovatif.

Website ini merupakan hasil kolaborasi mahasiswa KKN-T dengan berbagai pihak terkait dalam upaya menghadirkan manfaat teknologi informasi bagi masyarakat luas. Berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan budaya, telah diarahkan menuju ranah digital agar lebih mudah diakses dan memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tujuan awal dari proyek ini adalah membantu masyarakat sekitar agar dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan sehari-hari. Masyarakat sering kali kesulitan mengakses informasi penting, terutama bagi mereka yang berada di pedesaan. Dengan hadirnya website ini, diharapkan informasi yang dibutuhkan dapat diakses lebih cepat dan lebih mudah.

Dokumen Pribadi

Beberapa fitur utama yang ada pada website ini antara lain:

1. Profil Desa: Profil Desa Kebondowo menyajikan informasi penting mengenai peta desa, wisata desa, dan produk desa. Peta desa mencakup pembagian Desa Kebondowo yang dibagi menjadi tujuh dusun antara lain Kebondowo, Kebonsari, Pundan, Jrakah, Kauman, Jambon, dan Kebonbawang. Wisata desa menyajikan informasi penting mengenai wisata yang dimiliki oleh Desa Kebondowo seperti Gili Pesona dan Bukit Cinta. Sementara produk desa difokuskan untuk mempromosikan UMKM dan olahan potensi alam yang dimiliki Desa Kebondowo seperti kopi, jahe , dan nira.

2. Peta Desa: Peta desa memberikan informasi mengenai lokasi terperinci yang terkoneksi langsung dengan Google Maps, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari objek wisata maupun lokasi UMKM yang terdapat di Desa Kebondowo.

3. Artikel: Prestasi desa serta informasi publik dapat dimuat pada artikel informatif yang menarik minat pengunjung.

4. Galeri: Keindahan alam yang terdapat di Desa Kebondowo dimuat pada fitur galeri sehingga pengunjung dapat melihat keindahan alam Desa Kebondowo untuk menarik minat agar datang langsung ke potensi wisata alam yang tersedia di Desa Kebondowo.

5. UMKM: Membantu UMKM sekitar merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN-T Universitas Diponegoro, sehingga dengan adanya fitur UMKM diharapkan dapat membantu mempromosikan UMKM yang ada di Desa Kebondowo.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline