Lihat ke Halaman Asli

Rifa Oktari

Universitas Pendidikan Indonesia

Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Seks Bebas Sebagai Bentuk Pencegahan Terhadap Remaja di Desa Pagerwangi

Diperbarui: 4 Juni 2023   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sosialisasi Penyalahgunaan Narkotika dan Seks Bebas di Desa Pagerwangi)

Kelompok Agent of Change Nawasenine telah melakukan “Program Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Seks Bebas di Kalangan Anak dan Remaja”. Program ini dilaksanakan di Bale Rancage, Yayasan Tugu Alam Lestari yang berada di RW 13 Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung pada hari Minggu tanggal 7 Mei 2023 pukul 13.00

Program ini merupakan upaya dalam mengatasi salah satu permasalahan yang terjadi di Desa Pagerwangi yaitu terkait maraknya kenakalan remaja dalam bentuk penyalahgunaan narkotika dan perilaku seks bebas yang bahkan terjadi pada anak dan remaja yang masih dibawah umur. Program ini dikemas dalam bentuk seminar dan penyampaian edukasi seputar topik terkait. Sasaran utama dari diadakannya sosialisasi ini adalah para anak dan remaja pada rentang usia SD-SMP-SMA-Kuliah, serta orang tua karena pada dasarnya orang tua memiliki peran pengawasan dalam mengantisipasti terjadinya kejadian yang tidak diinginkan terhadap anaknya.

Sosialisasi terbagi kedalam dua sesi. Sesi pertama adalah pematerian terkait bahaya penyalahgunaan narkotika. Sosialisasi ini disampaikan oleh Bapak Purnama Wijaya, S.Sos. yang mana beliau merupakan Kasubkoor Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional KBB. Sosialisasi dimulai dengan penyampaian gambaran mengenai ancaman jaringan narkotika yang masuk ke Indonesia yaitu mengenai kondisi jaringan narkotika yang ada. Setelah itu disampaikan juga mengenai dampak-dampak yang terjadi akibat mengonsumsi berbagai jenis narkotika dan obat-obatan terlarang, dimana dampak yang akan dirasakan tersebut akan berlangsung dalam jangka panjang. Pihak BNN pun menyampaikan berbagai strategi yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi perilaku penyalahgunaan narkotika supaya para anak, remaja, bahkan orangtua dapat terhindar dari perilaku tersebut.

Sesi kedua merupakan sosialisasi tentang seks bebas dengan Adam Firdyansyah sebagai pemateri. Sosialisasi berjalan dengan antusias yang tinggi dari masyarakat Desa Pagerwangi RW 13 mengingat memang sosialisasi seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar khususnya para remaja. Pemateri menyampaikan materi perihal bahaya seks bebas dengan cara yang ringan sehingga dapat mudah diterima dan dimengerti oleh warga sekitar. Selain itu pemateri juga melakukan sesi diskusi oleh warga sekitar khusunya para remaja dengan cara menyiapkan sebuah pertanyaan yang harus dijawab oleh mereka seputar tentang sejauh apa pengetahuan mereka tentang bahayanya seks bebas. Melalui materi yang disampaikan oleh pemateri, diharapkan masyarakat Desa Pagerwangi dapat memiliki kesadaran tentang bahayanya seks bebas dan juga adanya pengawasan lebih dari para orang tua terhadap anaknya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline