Lihat ke Halaman Asli

Rifa Hasna

Mahasiswi

Persepsi Masyarakat tentang Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online di Kota Manado

Diperbarui: 9 Maret 2023   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Transportasi merupakan bidang yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia akan transportasi sangat tinggi. Bidang transportasi di Indonesia sedang digencarkan dengan munculnya transportasi berbasis aplikasi atau biasa disebut transportasi online. Transportasi online merupakan transportasi yang memanfaatkan aplikasi sebagai media pemesanan untuk memudahkan konsumen dalam hal pemenuhan kebutuhan transportasi.

PT. Gojek Indonesia merupakan perusahaan swasta penyedia jasa berbasis teknologi yang bermitra dengan pengendara ojek di beberapa kota di Indonesia. Sistem manajemen dan operasional Gojek adalah dengan memadukan teknologi modern startup. Setiap driver Gojek menggunakan handphone dengan aplikasi dan GPS yang selalu aktif. 

Kemudahan yang ditawarkan oleh PT. Gojek Indonesia dalam memenuhi kebutuhan transportasi memberikan dampak yang besar di beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa efek positif yang diberikan Gojek pada masyarakat adalah biaya transportasi yang cenderung hemat, efisiensi waktu perjalanan yang mudah dan praktis, keamanan yang terjaga saat menjadi penumpang. Efek positif tersebut sangat diapresiasi oleh masyarakat.

PT. Gojek berdiri bermula dari sebuah ide yang kreatif dari seorang yang bernama Nadiem Makarim. melihat begitu banyaknya pengojek pangkalan yang sehari-hari ngetem di pinggir jalan namun tidak mempunyai kepastian untuk mendapatkan pendapatan. Dari itu membuat sebuah aplikasi yang mampu membuat perubahan bukan hanya di dunia transportasi namun juga menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Pada akhirnya pada bulan Juni 2016 PT Gojek mendirikan kantor cabang di Kota Manado Kabar itupun langsung di respon oleh masyarakat kota Manado. Dari yang menolak sampai yang mendukung. Ternyata tidak langsung di respon positif oleh masyarakat terutama para supir angkot di Manado. Namun lambat laun akhirnya mampu diterima baik oleh masyarakat karena manfaatnya sudah mereka rasakan.

Mempermudah masyarakat karena langsung jemput di lokasi tidak perlu mencari pangkalan ojeg maupun angkot. Dan juga bisa pemesanan dan pengantar makanan melalaui smartphone. Pendapatan driver gojek yang lumayan cukup menarik minat sejumlah masyarakat yang sedang mencari pekerjaan maupun menambah penghasilan setiap harinya. . Memberikan kemudahan bagi customer yang tidak ingin repot mencari tempat parkir di pusat perbelanjaan.

Sumber : 

Manuela Manueke Gustaaff Buddy Tampi, Very Y. Londa. diakses melalui jm_jap,+JURNAL+Manuela.pdf 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline