Lihat ke Halaman Asli

Kopi Hitam Malang Mix Didampingi Mahasiswa Magister Manajemen

Diperbarui: 18 Oktober 2023   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan pendampingan UMKM, dokpri

Kegiatan pengabdian pada salah satu mata kuliah Pengembangan Wawasan Manajerial yang dibimbing oleh dosen Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. Agung Winarno., M.M mengambil peran aktif dalam mendukung UMKM di Malang dan mahasiswa dapat memiliki aktivitas di luar kampus dengan berinteraksi langsung dengan kelompok masyarakat. Sehingga para pemilik UMKM lebih memahami pentingnya legalitas usaha, memberikan dukungan lebih pada bisnis mereka dan meningkatkan pemasarannya.

Kopi merupakan sebuah minuman hasil dari seduhan biji kopi yang telah dihaluskan menjadi bubuk. Kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak digemari, dan saat ini kopi banyak di perjualbelikan antar negara. Ada dua jenis kopi yang paling terkenal didunia yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Bisnis minuman kopi saat ini terus berkembang sehingga menyebabkan permintaan kopi di pasaran semakin meningkat.

Salah satu UMKM yang didampingi oleh Rif’atul Khusnia dan Nadia Dureasor mahasiswa Magister Manajemen angkatan 2022, lokasinya berada di Jalan Merah Delima No.28 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Produk yang dijual pada UMKM ini salah satunya adalah Kopi Hitam Malang Mix “Tulus Jiwo”. Kopi bubuk kemasan ini merupakan racikan beberapa macam bubuk kopi dari beberapa daerah yang memiliki kebun kopi. Kebun kopi itu sendiri berada di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Dari beberapa macam bubuk kopi dan dengan takaran yang pas, menghasilkan satu brand Kopi Hitam Malang Mix “Tulus Jiwo” dengan cita rasa yang khas. Dari kegiatan pendampingan tersebut, sebelumnya UMKM ini belum memiliki Nomor Induk Berusaha, kini sudah memilikinya. Pendaftaran Hak Merek melalui DJKI juga dilakukan oleh kedua mahasiswa tersebut, tetapi saat ini masih pada tahap pemeriksaan. Tentunya tidak hanya itu, masih ada beberapa rencana kegiatan dalam pengabdian ini. Salah satunya yaitu setelah membuat akun media sosial untuk produk ini, mereka juga akan menggunakan content marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya.

Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mahasiswa Magister Manajemen dapat memperluas jaringan, dapat mengaplikasikan teori dengan praktik di lapangan serta bermanfaat bagi masyarakat.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline