Lihat ke Halaman Asli

Tersesat? Bingung Harus Belajar Apa Saja dalam Pengembangan Web?

Diperbarui: 3 Agustus 2019   02:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pengembangan teknologi selalu ada kemajuan dari waktu ke waktu dan kita tidak bisa hindari hal tersebut. Bahkan gaya hidup kita pun dipengaruhinya. Salah satu yang ingin saya bahas di sini adalah pengembangan teknologi web di 2019.

Janganlah kita menyepelekan bahwa merancang sebuah teknologi web itu adalah hal mudah. Karena ada banyak tantangan yang akan kita hadapi. Programmer yang sudah profesional pun tak bisa mengelakkan diri dari kegagalan. Dan itu adalah hal yang wajar dialami setiap orang.

Jadi dalam pengembangan teknologi web itu ada dua bidang utama, yakni Front-End Development dan Back-End Development. Kita dapat mempelajari Front-End atau Back-End atau bahkan keduanya, tergantung pilihan setiap orang. Tetapi jika kita ingin menjadi FullStack Web Developer maka kita harus belajar Front-End dan Back-End. 

Agar lebih jelas, anda dapat melihat RoadMapnya di sini.

Anda mungkin pernah melihat RoadMap seperti itu sebelumnya. Itu merupakan panduan visual yang luar biasa untuk menjadi Web Developer. Dan RoadMap tersebut dibuat oleh Kamranahmedse dan diposting di repositori GitHubnya di sini. Saya juga sering mengunjunginya berulang-ulang karena sangat membantu bagi saya.

Jika anda ingin menjadi Front-End Developer di 2019 maka anda harus mengikuti RoadMap Front-End Development di sini. Pada RoadMapnya, anda harus fokus terhadap kotak kuning yang menyoroti hal-hal penting untuk dipelajari.

Pada Front-End Development juga anda dapat memilih untuk mempelajari framework yang anda inginkan seperti Vue.js, React atau Angular, anda tidak perlu mempelajari semuanya tetapi mempelajari yang anda suka.

Kemudian jika anda ingin menjadi Back-End Developer di 2019 maka anda harus mengikuti RoadMap Back-End Development di sini.

Sekali lagi, pada RoadMapnya, anda bisa mulai dengan kotak kuning yang menyoroti teknologi utama yang perlu anda pelajari.

Itulah beberapa RoadMap yang saya rasa dapat membantu anda agar tidak tersesat lagi untuk belajar langkah demi langkah. Dan saya juga harap anda agar tidak berhenti di tengah jalan untuk mempelajari hal-hal baru terkait pengembangan teknologi web jikalau anda suka dengan hal tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline