Lihat ke Halaman Asli

RIDWAN ZAMRONI

Universitas Pendidikan Indonesia

Sepuluh dari Sejuta: Kesenangan yang Melelahkan

Diperbarui: 9 Agustus 2023   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi 

Sebelumnya, ingin saya rayakan artikel kesepuluh ini. Perjalanan kesepuluh, dari sepuluh orang dengan sepuluh pemikiran dan perbedaannya. Nah, dalam perayaan yang tidak kami sadari ini, target selanjutnya adalah PAUD dan SD. Adapun PAUD yang menjadi tujuan pertama kami adalah PAUD Laa Tahzan yang terletak di Desa Ciwaringin, Kelurahan Jayamekar. Waktu tercatat: Jumat, 4 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB.

Sesampainya di lokasi, sayup-sayup ramai anak-anak kecil terdengar menyenangkan. Ibu Hawa selaku salah satu guru di sana melebarkan tangannya buat kami. Sedang beberapa dari kami dikerumuni anak-anak yang antusias. Menyejukan memang, setidaknya memanaskan diri sebelum berhadapan dengan orang-orang dewasa.

Taman bermain kalau boleh saya bilang. Sejak awal hingga akhir, sejak di luar hingga dalam, bermain adalah kewajiban. Bernyanyi, bertepuk tangan, berjoget, dan bermain peran. Kami temukan sobat-sobat kecil yang merupakan cermin murni yang belum diisi sosok bermacam-macam. Ditemani Ibu Hawa, Ibu Ima, dan Ibu Anis, mengalir gerak-gerik kami di bumi ceria. Hingga kegembiraan berakhir dengan perpisahan.

Jenjangnya meningkat di destinasi selanjutnya. SDN Cicadas Girang menampung kami buat belajar lagi. Bapak Indra, bersama Bapak Deden rekan melayani segala pertanyaan dan perkenalan. Menanggapi program-program kami, antusias penuh ditunjukkan beliau-beliau ini. Tidak lama sampai waktu jelang salat jumat, percakapan dan diskusi harus dicukupkan. Kami pun pamit.

Sisanya, kunjungan kami di akhir tertuju pada Ibu Yuanita di Puskesmas. Bincang hangat yang diwarnai gelak berwawasan. Optimisme kami dibentuk bersama beliau. Sebelum akhirnya kami lagi-lagi pamit menuju alam dingin di Pondok Halimun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline