Seorang guru harus mempunyai kemampuan yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah. Budaya positif dapat dimulai dari penerapan disiplin atau keyakinan kelas. Keyakinan kelas dapat dilahirkan melaui interaksi dan komunikasi antara guru dengan murid. Melalui keyakinan kelas murid akan merasa diterima dan akan mampu menyampaikan pembelajaran seperti apa yang mereka inginkan. Melalui keyakinan kelas diharapkan dapat melahirkan motivasi murid dalam belajar.
Motivasi yang diharapkan tentunya bukanlah motivasi ekstrinsik, melainkan motivasi intrinsik yang lahir dari kesadaran murid itu sendiri. Dengan memiliki motivasi intrinsik ketika belajar maka dipastikan murid akan mudah mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajarpun akan tercapai.
Terealisasinya keyakinan kelas yang ada didalam kelas maka akan berpengaruh terhadap terwujud atau tidaknya disiplin positif disekolah. Ketika disiplin sekolah tercipta maka akan mempermudah terwujudnya visi sekolah serta tercapainya tujuan pendidikan nasional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H