Lihat ke Halaman Asli

Ridwan Mulya Munajat

Mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung

Bakti Sosial Khitanan Massal: Program Kerja Unggulan Ambalan Sambadha Kaniaratna

Diperbarui: 10 Juli 2024   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: @sambadhakaniaratna

SMAN 1 Ciparay, Kabupaten Bandung -- Ambalan Sambadha Kaniaratna, yang merupakan bagian dari SMAN 1 Ciparay, yang telah lama dikenal dengan berbagai program kerjanya yang inovatif dan berdampak positif bagi masyarakat. Salah satu program kerja unggulan yang menjadi andalan adalah bakti sosial khitanan massal, sebuah inisiatif yang telah diselenggarakan sebanyak 17 kali dan mendapatkan apresiasi luas dari warga sekitar.

Tujuan Program

Program bakti sosial khitanan massal pertama kali diinisiasi oleh Ambalan Sambadha Kaniaratna yang bertujuan untuk membantu keluarga kurang mampu di daerah Ciparay dan sekitarnya dengan menyediakan layanan khitan secara gratis bagi anak-anaknya. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan kepedulian sosial di kalangan anggota pramuka.

Pelaksanaan Program

Pelaksanaan program bakti sosial khitanan massal dilaksanakan yang terakhir pada bulan Februari 2020 di SMAN 1 Ciparay. Kegiatan ini melibatkan 50 anak dari berbagai desa di sekitar Ciparay. Proses khitan dilakukan oleh tim medis profesional yang bekerjasama dengan pihak pengurus ambalam (panitia pelaksana) serta memastikan bahwa setiap anak mendapatkan perawatan terbaik.

Selain layanan khitan, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan pendukung seperti hiburan untuk anak-anak, dan pembagian paket sembako serta bingkisan. Hal ini bertujuan untuk membuat acara tidak hanya bermanfaat secara medis tetapi juga menyenangkan dan edukatif.

Dukungan dan Partisipasi

Kesuksesan program ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Selain dari anggota aktif dan alumni Ambalan Sambadha Kaniaratna (Racana Panduwinaya), acara ini juga didukung oleh pihak sekolah, sponsor lokal, serta beberapa lembaga sosial. Partisipasi dan dukungan yang solid ini menunjukkan betapa kuatnya rasa kebersamaan dan tanggung jawab sosial.

Dampak dan Apresiasi

Program khitanan massal ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat. Banyak keluarga yang terbantu dengan adanya layanan khitanan gratis ini, terutama mereka yang kesulitan secara finansial. Salah satu orang tua peserta, mengungkapkan, "Kami sangat bersyukur dengan adanya program ini. Selain membantu meringankan beban kami, anak-anak juga mendapatkan pengalaman yang berharga."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline