Lihat ke Halaman Asli

Tips Usaha Sampingan Mahasiswa Perantau

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sebagai mahasiswa perantau yang menuntut ilmu disalah satu Universitas di Negara ini, banyak sekali kebutuhan-kebutuhan yang anda perlukan dalam hal menjalankan proses pendidikannya. Seperti kebutuhan sehari-hari contohnya makan, laundry, membayar kosan, biaya foto copy, pulsa, dan lain-lainnya.

Minimnya materi yang diberikan oleh orang tua yang kadang hanya di kirim dalam satu bulan sekali dan tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut dapat membuat anda memutar otak agar dapat mencukupi kebutuhan-kebutuhan yang anda perlukan.

Timbul dibenak anda pertanyaan usaha apa yang cocok untuk mahasiswa perantau (anak kost)?

Berikut adalah tips usaha sampingan yang cocok untuk anak kost :

a.Menyediakan jasa printer

Tidak semua mahasiswa punya printer dan laptop dikos-kosannya. Oleh karena itu, apabila anda punya kedua perangkat ini maka bisnis ini bisa anda jalankan. Targetnya cukup tawarkan saja kepada teman-teman kosan dan kuliah, kemudian berikan penawaran harga yang sesuai, dan maksimalkan pelayanan anda agar membuat pelanggan anda puas dan akan terus memakai jasa yang anda tawarkan.

b.Menyediakan jasa antar makanan

Cukup banyak mahasiswa yang tidak sempat membeli makanan dengan berbagai alas an dari mulai malas keluar kosan sampai sibuk dengan tugas-tugas. Peluang itu yang bisa anda manfaatkan dengan menawarkan jasa membelikan makanan dan jangan mengambil keuntungan terlalu besar agar mereka dapat memakai jasa anda secara berlanjut dengan pelayanan yang memuaskan.

c.Jasa pengetikan skripsi

Banyak mahasiswa yang tidak sempat untuk mengetik skripsi mereka dengan alasan malas hingga sibuk karena kuliah sekaligus bekerja sehingga membutuhkan jasa pengetikan. Itu merupakan peluang bagi anda untuk menyediakan jasa pengetikan dan akan mendapatkan keuntungan dari pengetikan tersebut.

d.Jual pulsa elektrik

Cukup dengan modal dua ratus ribu rupiah anda sudah bisa menjual pulsa elektrik. Kebutuhan pulsa untuk mahasiswa sangatlah penting, baik pulsa untuk menelpon, untuk membeli paket internet dan untuk pulsa token kosan. Ini merupakan peluang anda dalam menyediakan penjualan pulsa yang traksaksinya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dan perbanyak teman agar peluang anda mendapatkan konsumen lebih banyak.

Demikianlah 4 contoh usaha sampingan untuk mahasiswa perantau (anak kost). Walaupun terlihat sederhanan apabila dijalankan dengan baik akan dapat membantu anda dalam pemenuhan kebutuhan anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline