Lihat ke Halaman Asli

Review Manajemen Strategis dengan Metode SWOT pada Perusahaan Asuransi Syariah

Diperbarui: 28 Desember 2023   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Aspek kehidupan, termasuk aspek ekonomi, tidak bisa dilepaskan dari ajaran agama. Ilmu ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Kegiatan yang berupa produksi, distribusi dan konsumsi dilakukan untuk memenuhi seluruh kehidupan manusia. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, masyarakat di seluruh dunia seakan-akan mengalami kemajuan dalam kehidupan dan kehidupan perekonomian modern yang canggih.

Pengetahuan umum tentang asuransi berangsur-angsur meningkat. Terdapat juga kampanye dan sosialisasi yang semakin komprehensif oleh perusahaan asuransi  Indonesia mengenai pentingnya peran asuransi. Asuransi juga merupakan salah satu jenis manajemen keuangan dan manajemen risiko. Meski sudah banyak orang yang mengetahui  tentang asuransi, namun sebagian besar masyarakat Indonesia masih beranggapan bahwa  asuransi tidak melindungi seluruh aset dan diri mereka sendiri, melainkan hanya sebagian kecil saja. Hal ini tidak benar selama masyarakat mengetahui dan memahami  produk mana yang mereka pilih.

Dengan mayoritas penduduk muslim terbesar didunia, tentunya ini menjadi solusi dan juga menjadi target pasar yang luas untuk terus mengkampanyekan segala bentuk aspek syariah termasuk asuransi syariah. Bukan tidak mungkin dalam 10 tahun ke depan akan terjadi lonjakan yang signifikan bagi masyarakat yang menggunakan asuransi syariah. Sehingga asuransi syariah dapat menjadi solusi bagi masyarakat agar tidak terlibat lagi dalam asuransi konvensional.

Oleh karena itu perlu dilakukan analisis SWOT untuk perusahaan syariah yang beroperasi di Indonesia, berikut adalah hasil analisisnya :

Kekuatan (Strength)

- Mampu menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan syarat Islam, yang membuatnya menjadi pilihan bagi konsumen yang memiliki kebersadaran agama.

- Berbasis emas dalam berinvestasi, yang membantu menjaga nilai sebesar tetap dan memberikan keuntungan yang stabil.

- Asuransi Syariah memiliki prinsip tolong menolong yang mana ini sangat berbeda dengan asuransi konvensional yang rentan terhadap praktek riba, maisir, gharar, dan praktek kecurangan lainnya.

- Mampu menghadapi risiko inflasi, karena harga emas mungkin akan naik bersamaan dengan inflasi.

Kelemahan (Weakness)

- Syarat syariah menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan investasi dan kebijakan manajemen perusahaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline